Kasus Evergrande Dinilai Tak Akan Memicu seperti Krisis Keuangan 2008

    Eko Nordiansyah - 24 September 2021 11:45 WIB
    Kasus Evergrande Dinilai Tak Akan Memicu seperti Krisis Keuangan 2008
    Gedung Evergrande. Foto : AFP/Hector Retamal.



    Jakarta: Kasus Evergrande Group di Tiongkok dinilai tidak akan memicu terjadinya kembali krisis keuangan seperti krisis Subprime Mortgage pada 2008 lalu. Pasalnya pemerintah Tiongkok tidak akan tinggal diam dengan membiarkan perusahaan pengembang terbesar kedua di negara tersebut bangkrut.

    "Saya tidak mengkhawatirkan Evergrande. Saya meyakini Pemerintah Tiongkok tidak akan membiarkan Evergrande gagal bayar dan bangkrut. Evergrande too big to fail," kata Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah kepada Medcom.id, Jumat, 24 September 2021.

     



    Piter menjelaskan Tiongkok pasti belajar dari pengalaman pemerintah Amerika Serikat (AS) yang membiarkan bangkrutnya Lehman Brothers pada 2009 yang kemudian memicu krisis di AS dan global. Menurutnya, Tiongkok akan rugi besar sehingga perekonomiannya terganggu bila krisis Evergrande dibiarkan.

    "Tiongkok akan rugi besar, perekonomian mereka akan kolaps bila membiarkan Evergrande bangkrut. Biaya menyelamatkan Evergrande akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya membiarkan Evergrande bangkrut dan gagal bayar. Oleh karena itu tidak perlu khawatir atas krisis Evergrande," ungkapnya.

    Pengembang terbesar kedua di Tiongkok ini dibebani kewajiban lebih dari USD300 miliar atau setara dua persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok. Evergrande kini berupaya untuk terus mengumpulkan dana guna membayar kewajibannya kepada para pemberi pinjaman dan pemasoknya.

    Hal itu dilakukan saat Evergrande berupaya menyelesaikan krisis likuiditas yang bisa membawa ke dalam fase keruntuhan. Adapun para investor kini terus memantau perkembangan Evergrande karena krisis yang menerpa bisa memberi efek domino terhadap industri jasa keuangan.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id