Ekspor Jepang Anjlok karena Pandemi Korona

    Arif Wicaksono - 21 April 2020 18:41 WIB
    Ekspor Jepang Anjlok karena Pandemi Korona
    Jepang. Foto ; AFP.
    Tokyo: Ekspor Jepang jatuh ke level terendah dalam lebih dari tiga setengah tahun pada Maret 2020. Pemerintah Jepang mengatakan bahwa hal ini karena permintaan luar negeri terpukul oleh wabah virus korona.

    Menurut Kementerian Keuangan Jepang sebagaimana dikutip dari Xinhua, Selasa, 21 April 2020, ekspor dalam periode itu turun 11,7 persen menjadi 6,36 triliun yen (USD59,03 miliar), menandai penurunan terbesar sejak 2016.

    Pada periode yang sama, kementerian mengatakan bahwa impor turun lima persen menjadi 6,35 triliun yen (USD58,94 miliar), karena merosotnya harga untuk impor yang terkait energi. Akibatnya, surplus perdagangan barang mencapai 4,9 miliar yen (USD45,48 juta), data awal kementerian menunjukkan.

    Dalam hal negara dan wilayah tertentu, ekspor ke Amerika Serikat anjlok 16,5 persen ke level terendah sejak April 2011, karena permintaan turun di tengah kuncian terkait virus korona.

    Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Jepang, turun 8,7 persen dalam periode pencatatan, sementara impor dari Tiongkok turun hanya 4,5 persen, karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu telah memulai kembali operasi produksi setelah terkena virus. Ekspor ke Uni Eropa turun 11,1 persen saat maraknya aksi lockdown di Italia dan Prancis. Ekspor ke seluruh Asia dalam periode perekaman menurun 9,4 persen.

    Adapun fiskal 2019, pemerintah mengatakan bahwa impor dan ekspor menurun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun di tengah faktor-faktor downside termasuk pandemi virus dan masalah perdagangan, dengan ekspor turun enam persen, sementara impor turun 6,3 persen.  Jepang mencatat defisit perdagangan barang untuk tahun kedua berturut-turut senilai 1,29 triliun yen (USD11,97 miliar).

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id