Saran Bank Dunia untuk Penanganan Pandemi Sekaligus Pemulihan Ekonomi

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2020 12:14 WIB
    Saran Bank Dunia untuk Penanganan Pandemi Sekaligus Pemulihan Ekonomi
    Bank Dunia - - Foto: dok Cairopost
    Jakarta: Bank Dunia menyarankan upaya penanganan pandemi sekaligus upaya pemulihan ekonomi di negara berkembang. Prioritas utama yakni menyelamatkan nyawa, kesehatan masyarakat, dan keselamatan.

    Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan upaya tersebut melibatkan prosedur yang telah banyak dibahas tentang menjaga jarak sosial dan menggunakan masker. Artinya penerapan protokol kesehatan penting untuk mencegah, selain perawatan bagi orang yang telah terjangkit.

    "Serta perawatan kesehatan yang tepat jika orang tertular virus, penguatan sistem rumah sakit, dan sebagainya. Semua itu penting," katanya dalam konferensi pers Annual Meetings 2020, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Ia menambahkan upaya selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencegah terjadinya penurunan ekonomi secara berkepanjangan. Namun Malpass menyebut, tidak akan ada peningkatan yang cepat dalam hal pariwisata, seperti yang diinginkan banyak negara.

    Menurut dia, diperlukan fleksibilitas dalam pemulihan ekonomi, sehingga orang dapat pindah ke pekerjaan dan posisi baru. Dengan begitu, negara dapat dipersiapkan untuk menghadapi ekonomi global pasca covid, karena kehidupan akan berbeda setelahnya.

    "Kami tahu ini akan berbeda dari ekonomi sebelum covid. Kami tidak tahu persis bagaimana dan itu hanya akan berkembang seiring waktu. Jadi, membuat negara mempertahankan beberapa industri dan bisnis inti mereka, dan kemudian menjaga kebersamaan keluarga," jelas dia.

    Sejauh ini Bank Dunia telah menyediakan jaring pengaman sosial untuk mencoba membantu memberikan hibah tunai kepada masyarakat. Ia mencontohkan program ini sudah dilakukan di Brasil dan Yordania, serta di tempat lain di seluruh dunia.

    "Ini semua adalah langkah yang dapat kita lakukan untuk memperkuat proses dan menciptakan pemulihan yang tangguh. Upaya pembangunan kembali iklim dan karbon rendah adalah bagian yang sangat penting dari itu," pungkasnya. 

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id