Ancaman Pemogokan di Norwegia Dibatalkan, Minyak Dunia Jatuh

    Angga Bratadharma - 10 Oktober 2020 08:30 WIB
    Ancaman Pemogokan di Norwegia Dibatalkan, Minyak Dunia Jatuh
    Ilustrasi. AFP PHOTO/Jonathan NACKSTRAND
    New York: Harga minyak dunia turun pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Kondisi itu terjadi setelah para pekerja minyak di Norwegia membatalkan pemogokan yang mengancam produksi energi di negara itu.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 10 Oktober 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November kehilangan 59 sen menjadi USD40,60 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember turun 49 sen menjadi USD42,85 per barel di London ICE Futures Exchange.

    Perusahaan minyak Norwegia melakukan tawar-menawar upah dengan pejabat serikat pekerja pada Jumat waktu setempat, mengakhiri pemogokan yang mengancam untuk memotong produksi minyak dan gas negara itu hampir 25 persen minggu depan.

    "Jika tidak ada solusi yang ditemukan pada pembicaraan mediasi yang akan berlangsung antara serikat pekerja dan asosiasi produsen hari ini, pemogokan oleh pekerja minyak Norwegia dapat menelan biaya sekitar satu juta barel per hari setara minyak," kata Analis Energi Commerzbank Research Carsten Fritsch.

    Lebih dari 90 persen produksi minyak dan lebih dari 60 persen produksi gas alam kini telah ditutup di Teluk Meksiko saat Delta Badai mendekat. Untuk minggu ini, kontrak bulan depan untuk WTI naik 9,6 persen, sementara minyak mentah Brent naik 9,1 persen.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Penguatan bursa Wall Street terjadi lantaran didorong oleh katalis positif berupa berlanjutnya pembahasan mengenai stimulus covid-19 yang sempat dihentikan.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 161,39 poin atau 0,57 persen menjadi 28.586,90. Sedangkan S&P 500 naik 30,30 poin atau 0,88 persen menjadi 3.477,13. Kemudian indeks Komposit Nasdaq naik 158,96 poin atau 1,39 persen menjadi 11.579,94.

    Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 menguat dengan sektor teknologi naik 1,54 persen, memimpin kenaikan. Sedangkan sektor energi tergelincir sebanyak 1,58 persen, kelompok dengan kinerja terburuk. Sedangkan Menkeu AS Steven Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi melanjutkan pembicaraan seputar stimulus terkait bantuan virus korona.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id