Harga Minyak Dunia Surut di Tengah Pemulihan Produksi

    Angga Bratadharma - 13 Oktober 2020 08:01 WIB
    Harga Minyak Dunia Surut di Tengah Pemulihan Produksi
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Harga minyak dunia turun pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena risiko pasokan di Norwegia dan Teluk Meksiko mulai memudar. Kendati demikian para pedagang terus memperhatikan kasus infeksi covid-19 karena tetap berpotensi menekan permintaan.

    Mengutip Xinhua, Selasa, 13 Oktober 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November turun USD1,17 menjadi USD39,43 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember turun USD1,13 menjadi USD41,72 per barel di London ICE Futures Exchange.

    "Dua alasan di sisi penawaran yang mendorong harga naik sembilan persen minggu lalu telah hilang," kata Analis Energi Commerzbank Research Carsten Fritsch, dalam sebuah catatan, mengacu pada pemadaman pasokan di Norwegia yang disebabkan oleh pemogokan dan gangguan produksi akibat badai di Teluk Meksiko.

    Produsen minyak di Norwegia pada akhir pekan lalu setuju dengan para pejabat serikat pekerja minyak tentang kesepakatan gaji baru, yang mengakhiri pemogokan 10 hari di industri minyak. "Jika perundingan gagal, pemogokan itu bisa membuat seperempat produksi minyak dan gas Norwegia terhenti," kata Fritsch.

    Sementara itu, produksi energi secara bertahap dipulihkan di Teluk Meksiko setelah Badai Delta menghantam daratan pada Jumat. Lebih dari 90 persen produksi minyak dan sekitar 62 persen produksi gas alam sebelumnya telah ditutup di Teluk Meksiko karena badai.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat berakhir lebih tinggi pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), didukung oleh kenaikan kuat di sektor teknologi. Meski demikian investor tetap mencermati perkembangan kasus covid-19 dan kepastian Pemilihan Presiden (Pilpres) AS.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 250,62 poin atau 0,88 persen menjadi 28.837,52. Kemudian S&P 500 naik 57,09 poin atau 1,64 persen menjadi 3.534,22. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 296,32 poin atau 2,56 persen menjadi 11.876,26.

    Saham raksasa teknologi AS, termasuk Facebook, Apple, Amazon, dan Google-parent Alphabet, ditutup naik secara signifikan. Sebanyak 10 dari 11 S&P 500 utama naik, dengan layanan teknologi dan komunikasi masing-masing naik 2,72 persen dan 2,42 persen, memimpin kenaikan. Sektor bahan turun 0,15 persen, satu-satunya kelompok yang menurun.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id