Korsel Catat Pertumbuhan Ekspor Tertinggi dalam 32 Tahun

    Ade Hapsari Lestarini - 02 Juni 2021 13:35 WIB
    Korsel Catat Pertumbuhan Ekspor Tertinggi dalam 32 Tahun
    Ilustrasi kegiatan ekspor impor di Korsel. Foto: AFP.



    Seoul: Pertumbuhan ekspor Korea Selatan (Korsel) mencapai level tertinggi dalam lebih dari 32 tahun pada Mei 2021. Pertumbuhan ini terjadi di tengah pulihnya permintaan global dari guncangan pandemi covid-19.

    Data Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korsel menunjukkan, ekspor, yang menyumbang sekitar setengah dari ekonomi berjumlah USD50,73 miliar pada Mei. Angka ini naik 45,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu.

     



    Melansir Xinhua, Rabu, 2 Juni 2021, itu adalah ekspansi tertinggi dalam lebih dari 32 tahun sejak Agustus 1988. Ekspor Korsel terus meningkat selama tujuh bulan berturut-turut sejak November tahun lalu.

    Ini adalah pertama kalinya ekspor negara itu melonjak lebih dari 40 persen selama dua bulan berturut-turut. Pengiriman keluar tercatat naik 41,2 persen di April.

    Sementara pengiriman rata-rata harian, yang tidak termasuk efek hari kerja, melonjak 49,0 persen sepanjang tahun menjadi USD2,42 miliar pada Mei, menandai angka bulanan tertinggi ketiga.

    Sedangkan untuk impor melonjak 37,9 persen menjadi USD47,81 miliar pada bulan lalu, sehingga mengirimkan surplus perdagangan menjadi USD2,92 miliar. Neraca perdagangan tetap hitam selama 13 bulan.

    Pengiriman keluar mencapai USD50 miliar untuk bulan ketiga berturut-turut, menunjukkan pemulihan permintaan global dengan peluncuran vaksinasi massal di negara-negara besar.

    Ekspor ke Tiongkok, mitra dagang terbesar Korea Selatan, meningkat 22,7 persen sepanjang tahun menjadi USD13,18 miliar pada Mei, mempertahankan pertumbuhan dua digit selama lima bulan berturut-turut.

    Selain itu, pengiriman ke Amerika Serikat dan Uni Eropa (UE) melonjak lebih dari 60 persen, terus meningkat selama sembilan bulan berturut-turut.

    Ekspor ke Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang meningkat dua kali lipat, dan pengiriman ke negara-negara Amerika Latin serta India meningkat lebih dari dua kali lipat bulan lalu.

    Di antara 15 item ekspor utama negara itu, 12 item mencatat ekspansi dua digit. Ekspor kapal saja menurun bulan lalu karena angka tersebut mencerminkan kapal yang dipesan dua hingga tiga tahun lalu.

    Ekspor semikonduktor melampaui USD10 miliar dalam dua setengah tahun sejak November 2018. Sektor ini mempertahankan momentum kenaikan selama 11 bulan berturut-turut berkat harga cip memori yang lebih tinggi.

    Adapun ekspor rata-rata harian untuk petrokimia mencapai rekor tertinggi di Mei, didukung oleh pulihnya permintaan produk yang digunakan dalam peralatan rumah tangga dan bahan kemasan.

    Pengiriman mesin umum terus tumbuh selama tiga bulan berturut-turut, dan ekspor otomotif mempertahankan kenaikan dua digit selama lima bulan berturut-turut karena permintaan yang kuat untuk mobil listrik dan kendaraan sport (SUV).

    Ekspor produk minyak mencatat kenaikan tercepat dalam hampir 16 tahun bulan lalu karena pemulihan ekonomi global dan harga minyak mentah yang lebih tinggi.

    Selama lima bulan pertama tahun ini, ekspor mencapai rekor tertinggi baru sebesar USD248,4 miliar. Pengiriman rata-rata harian juga mencapai tertinggi baru USD2,24 miliar selama periode lima bulan.

    Kementerian memperkirakan bahwa tren ekspor positif akan terus berlanjut karena pemulihan yang jelas dari perdagangan global, pemulihan yang seimbang dalam ekspor barang-barang utama dan ledakan di pasar cip global.

    Sementara itu, impor negara itu naik dua digit selama empat bulan berturut-turut, mempertahankan momentum kenaikan untuk enam bulan berturut-turut. Hal ini disebabkan oleh pemulihan ekonomi domestik, yang menyebabkan rasio kapasitas pabrik lokal yang lebih tinggi, serta sentimen yang membaik di kalangan bisnis dan konsumen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id