Harga Emas Dunia Menguat

    Antara - 17 September 2020 07:50 WIB
    Harga Emas Dunia Menguat
    Ilustrasi. FOTO: Attila Kisbenedek/AFP
    Chicago: Emas berjangka menguat pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), memperpanjang kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut. Penguatan itu terjadi menjelang keputusan kebijakan Federal Reserve AS, yang diperkirakan mengulangi sikap kebijakan moneter dovish untuk mendukung pemulihan ekonomi dari krisis virus korona.

    Mengutip Antara, Kamis, 17 September 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik USD4,3 atau 0,22 persen menjadi USD1.970,5 per ons. Sehari sebelumnya, emas berjangka naik USD2,5 atau 0,13 persen menjadi USD1.966,2.

    Emas berjangka terangkat USD15,8 atau 0,81 persen menjadi USD1.963,70 pada Senin, 14 September. Setelah sebelumnya jatuh USD16,4 atau 0,83 persen menjadi USD1.947,90 pada Jumat, 11 September. Serta naik USD9,4 atau 0,48 persen menjadi USD1.964,30 pada Kamis, 10 September.

    "Harapannya adalah bahwa Fed akan membiarkan suku bunga rendah untuk jangka waktu yang sangat lama, dan angka inflasi melebihi tingkat target mereka dua persen," kata Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures David Meger.

    Keputusan kebijakan Fed yang akan dirilis pada pukul 14.00 waktu setempat setelah penutupan pasar. Pertemuan tersebut merupakan yang pertama sejak bank sentral mengambil sikap lebih rileks terhadap inflasi bulan lalu. Pengumuman tersebut akan diikuti dengan konferensi pers oleh Ketua Fed Jerome Powell.

    Sementara itu, belanja konsumen AS melambat pada Agustus, menunjukkan kemacetan dalam pemulihan ekonomi akibat dampak virus korona. Suku bunga yang lebih rendah cenderung membebani imbal hasil obligasi dan dolar, memperkuat daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil.

    "Data ekonomi yang lebih lemah mendukung gagasan bahwa Fed akan tetap akomodatif, bahwa akan ada stimulus lain yang diberlakukan oleh Kongres AS; ini adalah pilar utama dukungan untuk emas," kata Meger.

    Adapun logam lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 1,2 sen atau 0,04 persen menjadi USD27,476 per ons. Sedangkan patinum untuk pengiriman Oktober turun sebanyak USD8,7 atau 0,89 persen menjadi USD973,5 per ons.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id