comscore

Uni Eropa Berencana Beli Gas Bersama Pertama sebelum Musim Dingin

Antara - 24 Mei 2022 09:53 WIB
Uni Eropa Berencana Beli Gas Bersama Pertama sebelum Musim Dingin
Ilustrasi. FOTO: AFP
Brussels: Uni Eropa berencana untuk mulai bersama-sama membeli gas sebelum musim dingin. Hal itu dalam upaya untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil Rusia dan membangun penyangga terhadap guncangan pasokan energi lebih lanjut.

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, pekan lalu mengusulkan rencana bagaimana blok tersebut dapat keluar dari bahan bakar fosil Rusia pada 2027, dengan mempercepat investasi dalam energi terbarukan dan penghematan energi serta beralih ke bahan bakar fosil non-Rusia.
Rusia, yang memasok 40 persen gas Uni Eropa, sejak invasinya ke Ukraina telah memutus pasokan ke Polandia, Bulgaria dan Finlandia, setelah mereka menolak membayar bahan bakar dalam rubel.

Kepala Kebijakan Energi Uni Eropa Kadri Simson mengatakan blok itu bermaksud untuk mulai membeli gas bersama tahun ini, didukung oleh platform Uni Eropa yang diluncurkan bulan lalu yang akan menyatukan permintaan negara-negara dan mengoordinasikan penggunaan infrastruktur untuk mengimpor pasokan non-Rusia.

Pembelian bersama akan bersifat sukarela untuk negara-negara. Analis mengatakan skema tersebut dapat berjuang untuk mengamankan volume yang signifikan dari pasar global yang dipasok dengan ketat atau untuk diluncurkan dengan cepat mengingat kompleksitas koordinasi antara perusahaan, pemerintah dan Brussels untuk melakukan pembelian.

Simson mengatakan bahwa dengan bertindak bersama, negara-negara Uni Eropa dapat memperoleh akses ke pasokan yang tidak akan tersedia jika tidak.

"Ada volume gas terbatas yang tersedia di pasar global untuk tahun ini. Dan beberapa dari mereka datang ke pasar hanya karena keputusan politik," katanya, dilansir dari Antara, Selasa, 24 Mei 2022.

Ia menunjuk pada kesepakatan AS-Uni Eropa dari Maret untuk Amerika Serikat memasok tambahan 15 miliar meter kubik (bcm) gas alam cair ke Eropa tahun ini. Uni Eropa mengimpor 155 bcm gas dari Rusia setiap tahun.

Brussels mengatakan negara-negara sebagian besar harus menggunakan energi terbarukan dan penghematan energi untuk menggantikan volume tersebut, dan mengharapkan permintaan gas turun 30 persen pada 2030 di bawah target perubahan iklim Uni Eropa.

Namun dalam jangka pendek, Eropa tetap bergantung pada bahan bakar fosil. Uni Eropa pekan lalu menyetujui undang-undang yang mewajibkan negara-negara untuk mengisi penyimpanan gas 80 persen menjelang musim dingin, untuk membantu menyediakan penyangga terhadap guncangan pasokan bahan bakar fosil.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id