comscore

Stanchart: Reli Harga Emas Belum Berakhir

Angga Bratadharma - 18 Agustus 2020 09:36 WIB
Stanchart: Reli Harga Emas Belum Berakhir
Ilustrasi. FOTO: AFP/DEUTCHE BUNDESBANK
New York: Standard Chartered Private Bank berpandangan reli harga emas masih berpeluang terjadi di masa mendatang meski baru-baru ini sempat tertekan. Sejumlah sentimen yang mendorong di antaranya melemahnya imbal hasil obligasi dan adanya ketidakpastian antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok.

"Kami pikir (reli) harga emas belum selesai. Salah satu penjelasan terbaik mengapa emas telah melonjak seperti yang terjadi tahun ini adalah imbal hasil obligasi (yang tertekan)," kata Kepala Strategi Investasi Pendapatan Tetap Standard Chartered Private Bank Manpreet Gill, dikutip dari CNBC, Selasa, 18 Agustus 2020.

 



Sejauh ini harga emas telah mencapai puncaknya pada 2020, melonjak melebihi USD2.000 per ons pada awal Agustus. Namun, reli terhenti pada minggu lalu dengan harga logam mulia turun di bawah USD2.000 per ons, dengan perdagangan emas spot pada USD1.945 per ons pada Senin sore waktu Singapura.

Gill mengatakan melemahnya harga emas baru-baru ini dikarenakan kenaikan dalam imbal hasil obligasi. Imbal hasil obligasi AS melonjak awal pekan lalu, karena perkembangan positif terkait pengembangan vaksin virus korona mendorong sentimen. Vaksin korona menjadi di antara harapan untuk mematikan virus mematikan itu.

"Selama imbal hasil tetap di bawah satu persen maka itu tidak benar-benar mengubah tema kami bahwa bank sentral akan melakukan apapun yang mereka bisa untuk menjaga obligasi," tuturnya.

Namun, Gill menambahkan kondisi itu pada akhirnya menjadi katalis positif bagi harga emas. Hal tersebut dengan beberapa asumsi seperti bank sentral melakukan yang terbaik untuk menjaga imbal hasil obligasi tetap terbatas dan pemulihan ekonomi terus berjalan.

"Kami memperkirakan harga emas akan tetap merekah dalam beberapa bulan mendatang dengan meningkatnya ketegangan geopolitik dan pemulihan ekonomi global yang tidak merata dan lambat," sebut Fitch Solutions, dalam sebuah catatan.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id