Fed Ambil Lebih Banyak Langkah Tingkatkan Likuiditas Dolar AS

    Angga Bratadharma - 21 Maret 2020 14:02 WIB
    Fed Ambil Lebih Banyak Langkah Tingkatkan Likuiditas Dolar AS
    Gedung The Fed. FOTO: AFP
    Washington: Federal Reserve siap mengambil lebih banyak langkah untuk mendorong peningkatan likuiditas dolar Amerika Serikat (USD) dan memberikan dukungan kepada pasar obligasi di tengah ketidakpastian wabah virus korona. The Fed berharap langkah tersebut bisa efektif menekan pengaruh negatif covid-19 terhadap perekonomian AS.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 21 Maret 2020, dalam langkah terkoordinasi dengan bank sentral lain, the Fed mengatakan akan meningkatkan pengaturan garis swap likuiditas dolar AS dengan Bank Sentral Kanada, Bank Sentral Inggris, Bank Sentral Jepang, Bank Sentral Eropa, dan Bank Nasional Swiss untuk meredakan ketegangan di pasar pendanaan dolar global.

    "Untuk meningkatkan efektivitas jalur swap dalam memberikan pendanaan dolar AS, bank-bank sentral ini telah sepakat untuk meningkatkan frekuensi operasi jatuh tempo tujuh hari dari mingguan ke harian," kata the Fed dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan operasi harian ini akan dimulai pada 23 Maret dan berlanjut setidaknya sampai akhir April.

    "Garis swap di antara bank-bank sentral ini adalah fasilitas yang tersedia dan berfungsi sebagai likuiditas penting untuk mengurangi tekanan di pasar pendanaan global, dengan demikian membantu mengurangi dampak dari tekanan tersebut pada pasokan kredit kepada rumah tangga dan bisnis," kata bank sentral.

    Sedangkan the Fed pada Kamis waktu setempat juga sudah mengumumkan pembentukan pengaturan likuiditas dolar AS sementara dengan Reserve Bank of Australia dan delapan bank sentral lainnya di seluruh dunia guna memudahkan akses ke dolar.

    Dalam langkah terpisah, the Fed mengumumkan bahwa bank sentral AS memperluas programnya mendukung reksa dana pasar uang untuk meningkatkan likuiditas dan berfungsinya pasar uang negara bagian dan kota yang penting.

    "Melalui Fasilitas Likuiditas Reksa Dana Pasar Uang, atau MMLF, Federal Reserve Bank of Boston sekarang akan dapat membuat pinjaman tersedia untuk lembaga keuangan yang memenuhi syarat yang dijamin oleh aset berkualitas tinggi tertentu yang dibeli dari satu negara dan pasar uang kota bebas pajak lainnya," tutup the Fed.
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id