comscore

UE Berikan Kebebasan Hungaria dan Slovakia dari Embargo Minyak Rusia

Arif Wicaksono - 03 Mei 2022 16:04 WIB
UE Berikan Kebebasan Hungaria dan Slovakia dari Embargo Minyak Rusia
Pipa minyak Rusia. Foto: AFP.
Brussel: Komisi Uni Eropa (UE) menghindarkan Hongaria dan Slovakia dari embargo pembelian minyak Rusia, yang sekarang dalam persiapan. Komisi UE segera menyelesaikan paket keenam sanksi terhadap Rusia atas tindakannya di Ukraina, yang akan mencakup larangan membeli minyak Rusia. Ekspor minyak merupakan sumber utama pendapatan Moskow.

Hongaria, yang sangat bergantung pada minyak Rusia, telah berulang kali mengatakan tidak akan menandatangani sanksi energi kepada Rusia. Slovakia juga merupakan salah satu negara Uni Eropa yang paling bergantung pada bahan bakar fosil Rusia.
"Untuk menjaga agar blok 27 negara tetap bersatu, Komisi mungkin menawarkan Slovakia dan Hongaria pengecualian atau masa transisi yang panjang (untuk mendukung embargo)," kata salah satu pejabat dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 3 Mei 2022.

Embargo minyak kemungkinan akan bertahap, kemungkinan besar akan berlaku penuh mulai awal tahun depan. Eropa menjadi tujuan hampir setengah dari ekspor minyak mentah dan produk minyak Rusia. Hal ini memberikan Moskow sumber pendapatan besar untuk pendanaan aksi militernya di Ukraina.

Negara-negara Uni Eropa telah membayar Rusia hampir 20 miliar euro sejak 24 Februari, ketika menginvasi Ukraina dalam apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus", menurut organisasi penelitian Pusat Penelitian Energi dan Udara Bersih. Secara keseluruhan, UE bergantung pada Rusia untuk 26 persen impor minyaknya.

Slovakia dan Hongaria, keduanya di rute selatan pipa Druzhba yang membawa minyak Rusia ke Eropa, sangat bergantung, masing-masing menerima 96 persen dan 58 persen dari minyak mentah dan produk minyak impor dari Rusia tahun lalu.

Jerman, pembeli utama minyak Rusia di UE, dalam beberapa hari terakhir mengatakan dapat mengelola embargo minyak, setelah awalnya menolak. Jerman mengimpor 35 persen minyak mentahnya dari Rusia pada 2021, tetapi dalam beberapa pekan terakhir menguranginya menjadi 12 persen,
 
"Embargo minyak dengan periode transisi yang cukup sekarang akan dapat dikelola di Jerman, tergantung pada kenaikan harga," katanya. Paket sanksi Uni Eropa akan disampaikan kepada duta besar pemerintah Uni Eropa pada Rabu.4 Mei 2022.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id