Bantuan Covid-19 Belum Disepakati, Ketua Fed Peringatkan Munculnya Resesi

    Angga Bratadharma - 07 Oktober 2020 07:27 WIB
    Bantuan Covid-19 Belum Disepakati, Ketua Fed Peringatkan Munculnya Resesi
    Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell. FOTO: Alex Wong/AFP
    Washington: Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell memperingatkan pemulihan ekonomi yang melambat dan berkepanjangan akibat pandemi covid-19 dapat memicu resesi. Hal itu akibat pembicaraan bantuan covid-19 berlarut-larut tanpa adanya kesepakatan.

    "Kita harus terus melakukan apa yang kita bisa untuk mengelola risiko penurunan. Salah satu risiko tersebut adalah bahwa kasus covid-19 mungkin naik lagi ke tingkat yang lebih signifikan dan membatasi aktivitas ekonomi. Belum lagi efek tragis pada kehidupan dan kesejahteraan," kata Powell, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Risiko berikutnya, lanjut Powell, adalah perlambatan yang berkepanjangan dari waktu ke waktu dapat memicu dinamika resesi yang khas, karena pelemahan memicu pelemahan. "Periode panjang dari kemajuan yang lambat yang tidak perlu dapat terus memperburuk disparitas yang ada dalam ekonomi kita," tuturnya.

    Powell mencatat tindakan kebijakan fiskal dan moneter AS sejauh ini secara substansial meredam dinamika resesi yang sudah terjadi dalam penurunan. Akan tetapi tanpa dukungan lebih lanjut, tren penurunan tersebut masih dapat muncul.

    "Seiring berjalannya waktu, kebangkrutan rumah tangga dan kebangkrutan usaha akan meningkat, mengganggu kapasitas produktif perekonomian, dan menghambat pertumbuhan upah,” ucap Powell.

    Dirinya juga mencatat dibandingkan dengan Mei dan Juni pemulihan ekonomi dari resesi yang disebabkan covid-19 telah melambat dalam beberapa bulan terakhir karena efek stimulus fiskal sudah memudar. Bahkan, ia melihat ada risiko akibat pembukaan aktivitas ekonomi ke pemulihan yang lebih lama.

    Karenanya Powell mendesak para pembuat kebijakan untuk memberikan lebih banyak bantuan kepada rumah tangga dan bisnis yang sudah dirugikan oleh pandemi covid-19. "Terlalu sedikit dukungan akan menyebabkan pemulihan yang lemah, menciptakan kesulitan yang tidak perlu bagi rumah tangga dan bisnis," katanya.

    Pernyataan Powell dikemukakan ketika anggota parlemen kongres dan Pemerintahan Trump masih menemui jalan buntu terkait paket bantuan covid-19 berikutnya. Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin telah melanjutkan negosiasi mengenai paket bantuan dalam beberapa hari terakhir, tetapi pembicaraan sejauh ini tidak menghasilkan kesepakatan.

    "Peringatan Ketua the Fed Powell sangat jelas. Tindakan tegas diperlukan segera untuk mencegah bencana ekonomi dari kehancuran pandemi virus korona," kata Pelosi.

    Pernyataan Powell juga datang setelah Amerika Serikat melihat lonjakan baru kasus covid-19. Adapun the Fed bulan lalu mempertahankan suku bunga acuannya pada rekor level terendah mendekati nol dan mengisyaratkan untuk mempertahankan kisaran target ini hingga setidaknya 2023. Fed mencatat jalur ekonomi akan sangat bergantung pada gerak virus korona.
     

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id