Kepercayaan Konsumen Jepang Menguat Tipis di Juli

    Angga Bratadharma - 01 Agustus 2020 13:14 WIB
    Kepercayaan Konsumen Jepang Menguat Tipis di Juli
    Foto: AFP.
    Tokyo: Statistik Pemerintah Jepang mencatat kepercayaan konsumen Jepang menguat tipis pada Juli, tetapi pada laju yang lebih lambat. Hal itu terjadi di tengah infeksi covid-19 yang semakin melonjak secara nasional dan pengaruh hujan lebat di Jepang barat daya.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 1 Agustus 2020, indeks yang disesuaikan secara musiman, yang mencerminkan sentimen di antara rumah tangga yang terdiri dari dua orang atau lebih, meningkat menjadi 29,5 dari 28,4 bulan lalu atau naik sedikit dibandingkan dengan data pada Juni, menurut Kantor Kabinet Jepang.

    Indeks, yang menunjukkan ekspektasi ekonomi konsumen untuk enam bulan ke depan, jatuh ke rekor terendah 21,6 pada April di tengah keadaan darurat yang diumumkan untuk Tokyo dan enam wilayah lainnya pada awal April. Meski demikian, Pemerintah Jepang terus berupaya mendorong kembali kepercayaan konsumen.

    Adapun angka yang rendah itu mencerminkan sentimen publik yang dipengaruhi oleh kebangkitan covid-19 baru-baru ini, karena angka di bawah 50 menunjukkan pesimisme dan angka di atas 50 menunjukkan optimisme.

    Lebih lanjut, kepercayaan konsumen negara itu juga dipengaruhi oleh hujan lebat yang mematikan dan banjir besar di wilayah barat daya Kyushu dan daerah lain pada awal Juli.

    Kantor Kabinet Jepang mempertahankan penilaian dasarnya untuk bulan kedua berturut-turut dengan mengatakan sentimen konsumen telah tetap dalam situasi yang parah, tetapi menunjukkan tanda-tanda pemulihan baru-baru ini. Ada harapan agar kondisi ini bisa terus membaik di masa-masa yang akan datang.


    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id