Virus Korona Buat 3 Perusahaan Pelayaran Besar Tunda Berlayar

    Angga Bratadharma - 14 Maret 2020 12:42 WIB
    Virus Korona Buat 3 Perusahaan Pelayaran Besar Tunda Berlayar
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Wabah virus korona telah membuat sebagian besar industri pelayaran terhenti ketika Royal Caribbean dan Norwegian Cruises mengumumkan penangguhan operasi. Keputusan itu diambil guna menghentikan penyebaran virus tersebut, meski tidak ditampik akan memberikan tekanan terhadap aktivitas bisnis.

    Mengutip CNBC, Sabtu, 14 Maret 2020, Norwegian Cruises mengumumkan penangguhan operasi global hingga 11 April dan Royal Caribbean menghentikan operasi kapal pesiar AS selama 30 hari. Pengumuman itu mengikuti berita bahwa Princess Cruises Carnival sedang menangguhkan operasi global hingga 10 Mei, yang mengirim sahamnya turun lebih dari 30 persen.

    Ketiga perusahaan pelayaran besar yang diperdagangkan secara publik sekarang telah menangguhkan beberapa operasinya karena pandemi covid-19 yang menginfeksi lebih dari 137.445 orang dan menewaskan sedikitnya 5.088 jiwa di seluruh dunia. Wabah itu juga mengguncang industri perjalanan termasuk industri pelayaran.

    Saham Royal dan Norwegia keduanya dihentikan pada Jumat sebelum pengumuman. Pengumuman yang dilakukan Norwegia berdampak pada seluruh armada perusahaan yang terdiri dari 28 kapal di tiga mereknya.

    "Dengan virus korona yang memengaruhi masyarakat di seluruh dunia, kami telah memberlakukan penangguhan sementara pelayaran pesiar secara sukarela di seluruh merek kami segera," kata Presiden dan CEO Norwegia Frank Del Rio, dalam sebuah pernyataan.

    Sedangkan Royal mengatakan pengumuman itu memengaruhi operasional pelayaran AS, seraya menambahkan bahwa Royal akan menghubungi pelanggan dan kru yang terkena dampak untuk mengatasi gangguan tersebut dengan baik. "Kami memahami gawatnya krisis kesehatan masyarakat yang dihadapi negara ini," kata Royal dalam sebuah pernyataan.

    Pengumuman itu dibuat ketika Presiden AS Donald Trump menyatakan darurat nasional terkait pandemi covid-19. Sedangkan Departemen Luar Negeri AS awal pekan ini mengeluarkan imbauan untuk orang Amerika, terutama mereka yang paling rentan terhadap covid-19, agar tidak bepergian dengan kapal pesiar.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id