Perkebunan Sawit Malaysia Minta Pekerja Asing Bekerja Kembali

    Arif Wicaksono - 28 Juni 2020 19:37 WIB
    Perkebunan Sawit Malaysia Minta Pekerja Asing Bekerja Kembali
    Kelapa Sawit. Foto : AFP.
    Kuala Lumpur: Perkebunan kelapa sawit Malaysia telah mendesak Pemerintah Malaysia untuk membiarkan pekerja asing kembali bekerja. Mereka memperingatkan akan adanya gangguan pada industri minyak kelapa sawit jika tidak ada pekerja asing.

    Asosiasi Pemilik Perkebunan Malaysia meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kelangsungan hidup dan keberlanjutan sektor ini. Serta membiarkan perusahaan-perusahaan perkebunan yang tidak dapat merekrut pekerja lokal untuk merekrut tenaga asing secara langsung.

    Industri minyak sawit di Malaysia, penghasil dan pengekspor minyak sawit terbesar kedua di dunia, menghadapi kekurangan tenaga kerja kronis yang semakin memburuk.

    "Industri ini bergantung pada orang asing untuk 70 persen tenaga kerja perkebunannya dan hampir semua pekerjaan lapangannya, terutama orang-orang dari Indonesia dan Bangladesh," kata dia dikutip dari Xinhua, Minggu, 28 Juni 2020.

    Ribuan orang meninggalkan perkebunan ketika perbatasan ditutup selama pandemi covid-19, menambah tekanan dalam industri dengan 2-3 persen pekerja asing pergi setiap tahun.

    "Kekhawatiran utama adalah bahwa musim produksi panen puncak akan segera tiba dalam beberapa bulan dari sekarang dan industri minyak kelapa sawit sangat tergantung pada ketersediaan pekerja," kata asosiasi tersebut, yang mewakili pemilik perkebunan kecil dan menengah.

    Dikatakan penurunan produksi tanaman akan membatasi output minyak sawit mentah dan kernel kelapa sawit karena tingkat ekstraksi akan terus jatuh. Sementara itu, hal ini mungkin bisa mendorong kenaikan harga minyak sawit mentah.

    "Perkebunan tanpa pengawasan pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan industri," jelas dia.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id