Bank Sentral Tiongkok Rancang Kebijakan Moneter Dukung Pengurangan Emisi Karbon

    Angga Bratadharma - 04 Mei 2021 09:27 WIB
    Bank Sentral Tiongkok Rancang Kebijakan Moneter Dukung Pengurangan Emisi Karbon
    Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok. FOTO: AFP



    Beijing: Bank sentral Tiongkok atau People's Bank of China (PBOC) sedang merancang alat kebijakan moneter struktural yang dapat memberikan dukungan langsung kepada ekonomi riil dalam mengejar pengurangan emisi karbon. Sejauh ini, Pemerintah Tiongkok terus berupaya mengurangi emisi karbon demi keberlanjutan.

    "Alat kebijakan akan memberikan lembaga keuangan yang memenuhi syarat dana murah. Dan mendorong mereka untuk menawarkan pembiayaan dengan suku bunga preferensial untuk proyek-proyek utama berdampak signifikan dalam pengurangan emisi karbon," kata Kepala Departemen Kebijakan Moneter PBOC Sun Guofeng, dilansir dari Xinhua, Selasa, 4 Mei 2021.






    "Alat-alat tersebut dirancang berdasarkan prinsip berorientasi pasar, transparansi, dan penyelarasan internasional," tambahnya.

    Ia mengatakan prinsip berorientasi pasar mengacu pada pembentukan mekanisme yang kompatibel dan insentif sejalan dengan prinsip berbasis pasar, sehingga mendorong lembaga keuangan untuk secara proaktif mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk pengurangan emisi karbon.

    "Prinsip transparansi berarti mekanisme dan aturan penerapan perangkat kebijakan bersifat spesifik, feasible, computable dan verifiable, serta kebijakan memberikan dukungan yang terarah dan langsung," ujarnya.

    Menurut Sun prinsip keselarasan internasional mengartikan bidang pengurangan emisi karbon yang didukung oleh perangkat kebijakan sejalan dengan standar internasional. Diharapkan berbagai macam upaya yang dilakukan bisa segera mengurangi emisi karbon dan nantinya menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

    Adapun jumlah pinjaman hijau negara yang terutang mencapai 11,95 triliun yuan (USD1,85 triliun) pada akhir 2020, dengan 8,08 triliun yuan diinvestasikan baik secara langsung maupun tidak langsung ke dalam proyek-proyek pengurangan emisi karbon.

    "Ini mewakili 67,6 persen dari total saldo," pungkas PBOC.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id