PDB Inggris Turun Terbesar Sejak 1997

    Ade Hapsari Lestarini - 15 Juni 2020 07:10 WIB
    PDB Inggris Turun Terbesar Sejak 1997
    Foto: AFP.
    London: Kantor Statistik Nasional (ONS) mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris (PDB) turun 20,4 persen pada April dibandingkan bulan sebelumnya. Angka ini mencapai penurunan bulanan terbesar sejak 1997.

    "Penurunan PDB April adalah yang terbesar di Inggris yang pernah ada, lebih dari tiga kali lebih besar dari bulan lalu dan hampir sepuluh kali lebih besar dari penurunan pra-covid-19 yang paling curam," kata Wakil Statistik Nasional dan Direktur Jenderal Ekonomi Statistik di ONS, Jonathan Athow, dilansir dari Xinhua, Senin, 15 Juni 2020.

    Data menunjukkan bahwa rekor penurunan terlihat di semua sektor pada April. Sektor jasa, produksi, manufaktur dan konstruksi turun masing-masing sebesar 19,0 persen, 20,3 persen, 24,3 persen, dan 40,1 persen. Baik sektor produksi dan manufaktur mencatat penurunan bulanan terbesar sejak 1968.

    Sementara itu, PDB turun 10,4 persen dalam tiga bulan hingga April dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, karena pembatasan pemerintah terhadap pergerakan mengurangi aktivitas ekonomi.

    Howard Archer, kepala penasihat ekonomi di EY ITEM Club, sebuah kelompok peramalan ekonomi, mengatakan PDB negara itu mencatat rekor 20,4 persen bulan ke bulan di April.

    "Pasar tenaga kerja tentu saja menjadi perhatian bagi ekonomi Inggris," ujar dia singkat.

    The Trades Union Congress (TUC), sebuah serikat pekerja Inggris yang mewakili 5,5 juta pekerja, mengatakan penurunan yang mengejutkan pada April menunjukkan bahwa mereka tidak bisa meninggalkan orang pada kesengsaraan pengangguran jangka panjang.

    "Pekerja sangat membutuhkan skema jaminan pekerjaan dan rencana pemulihan nasional terhadap pekerjaan mereka," kata TUC.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id