comscore

Investor Khawatir China Evergrande Tak Bayar Utang

Arif Wicaksono - 04 Januari 2022 19:46 WIB
Investor Khawatir China Evergrande Tak Bayar Utang
China Evergrande Group. Foto : AFP.
Beijing: Investor melakukan protes di luar kantor perusahaan China Evergrande Group di Guangzhou, Selasa, 4 Januari 2022. Protes mereka terkait produk keuangan yang dikeluarkan oleh China Evergrande Group.

Banyak yang khawatir mereka akan dikorbankan untuk menjaga proyek real estate tetap bertahan. Evergrande mengumumkan rencana untuk membayar kembali investor dalam produk manajemen kekayaannya.

 



Masing-masing investor bisa mendapatkan 8.000 yen Jepang (USD1.256) per bulan sebagai pembayaran pokok selama tiga bulan mulai Januari 2022, terlepas dari kapan investasi mereka jatuh tempo.

Padahal, Evergrande sebelumnya telah setuju untuk membayar 10 persen saat produk jatuh tempo pada akhir bulan, tanpa menentukan jumlah detailnya. Evergrande memiliki kewajiban lebih dari USD300 miliar. Perubahan tersebut memicu ketakutan investor mereka tidak akan mendapatkan kembali uang mereka.

"Saya pikir itu tidak ada harapan, dan saya takut, tetapi jika kita tidak memperjuangkan hak-hak kita, itu lebih buruk," kata seorang pensiunan wanita bermarga Du, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 4 Januari 2022.

Pada umumnya, investor terpikat oleh janji hasil yang mendekati 12 persen setahun serta hadiah seperti pembersih udara Dyson, tas Gucci, serta jaminan pengembang terlaris di Tiongkok.

Manajer penjualan Evergrande Wealth mengatakan, lebih dari 80 ribu orang termasuk karyawan, keluarga, dan teman mereka, serta pemilik properti Evergrande membeli produk yang mengumpulkan lebih dari 100 miliar dalam lima tahun terakhir.

"Kami khawatir kami akan dikorbankan," kata seorang pengunjuk rasa berusia 34 tahun yang bekerja di e-commerce dan hanya akan menyebut namanya sebagai Sophie.

"Tidak apa-apa untuk orang yang lebih muda seperti saya, kami masih bisa mendapatkannya kembali, tapi saya khawatir dengan orang yang lebih tua yang memasukkan semuanya ke dalam (investasi) ini," katanya.

China Evergrande Group mengatakan penjualan kontraknya untuk 2021 telah anjlok 39 persen dari tahun sebelumnya menjadi 443 miliar yuan (USD69,5 miliar).

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id