comscore

Ekonomi Singapura Tumbuh 3,7% di Kuartal I-2022

Angga Bratadharma - 27 Mei 2022 13:31 WIB
Ekonomi Singapura Tumbuh 3,7% di Kuartal I-2022
Ilustrasi. FOTO: AFP
Singapura: Perekonomian Singapura tumbuh sebesar 3,7 persen secara tahun ke tahun pada kuartal pertama 2022, dengan peningkatan dari manufaktur, keuangan dan asuransi, serta layanan profesional. Sejauh ini, pemerintah setempat terus berupaya memacu laju ekonomi usai terhantam keras pandemi covid-19.

"Namun, prospek permintaan eksternal telah melemah dibandingkan dengan tiga bulan lalu," kata Kementerian Perdagangan dan Perindustrian (MTI), dilansir dari The Business Times, Jumat, 27 Mei 2022.
MTI telah mempertahankan perkiraan pertumbuhan setahun penuh antara 3-5 persen, tetapi menambahkan angka tersebut kemungkinan masuk di bagian bawah kisaran perkiraan. Adapun perang Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina dan potensi eskalasi konflik diidentifikasi sebagai risiko penurunan utama bagi perekonomian.

Hal itu termasuk memburuknya pandemi covid-19, serta kemungkinan pengetatan kebijakan moneter yang lebih cepat dari perkiraan di negara maju. Dengan demikian, kementerian menandai prospek yang lebih lemah untuk beberapa sektor yang berorientasi ke luar, seperti klaster bahan kimia, perdagangan grosir, dan transportasi air.

Itu bahkan ketika industri terkait penerbangan dan pariwisata dan konsumen diperkirakan menguat karena pelonggaran pembatasan covid-19. Sementara elektronik diperkirakan tumbuh lebih kuat dari yang diproyeksikan sebelumnya pada permintaan global untuk semikonduktor, layanan cloud, dan pusat data.

Pertumbuhan terbaru dalam pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) –sementara turun dari 6,1 persen dalam tiga bulan terakhir 2021– lebih tinggi dari perkiraan kilat resmi sebelumnya sebesar 3,4 persen, karena manufaktur, konstruksi, dan layanan semuanya mengungguli data sebelumnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id