Emas Dunia Kembali Bersinar

    Ade Hapsari Lestarini - 06 Mei 2021 07:45 WIB
    Emas Dunia Kembali Bersinar
    Foto: AFP.



    Chicago: Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Rabu waktu setempat. Investor bereaksi terhadap klarifikasi komentar dari Menteri Keuangan (Menkeu) AS Janet Yellen.

    Melansir Xinhua, Kamis, 6 Mei 2021, harga kontrak emas teraktif untuk pengiriman Juni naik USD8,3 atau 0,47 persen menjadi USD1.784,3 per ons.

     



    Menkeu AS Janet Yellen mengklarifikasi komentar sebelumnya tentang kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku bunga bukanlah prediksi atau rekomendasi. Klarifikasi ini menahan penurunan harga emas lebih dalam.

    Emas juga mendapat dukungan pada angka ekonomi yang lebih buruk dari perkiraan yang dirilis pada Rabu. Sedangkan harga perak untuk pengiriman Juli turun 3,6 sen atau 0,14 persen menjadi USD26,522 per ons. Platinum untuk pengiriman Juli turun USD3 atau 0,24 persen menjadi USD1.228,8 per ons.

    Di sisi ekonomi, perusahaan data penggajian Automatic Data Processing (ADP) melaporkan perusahaan swasta di Amerika Serikat menambahkan 742 ribu pekerjaan pada April. Pembacaan ini mengindikasikan berlanjutnya pemulihan di pasar tenaga kerja, tetapi angka itu masih di bawah ekspektasi 800 ribu pekerjaan dari para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

    Institute for Supply Management (ISM) mengatakan IMP Jasa AS (Indeks Manajer Pembelian) turun menjadi 62,7 persen bulan lalu dari rekor 63,7 persen pada Maret. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones dan The Wall Street Journal memperkirakan indeks naik ke 64,1 persen.

    Presiden Federal Reserve Chicago Charles Evans mengatakan dalam pidatonya di Bard College bahwa kemungkinan inflasi yang lebih tinggi masih kecil dan Fed masih memiliki cara untuk melangkah sebelum mencapai target inflasi dua persen. Pidato itu agak membatasi pertumbuhan emas.

    Indeks Manajer Pembelian Layanan AS pada April berada di level 64,7 persen, naik 5,0 dari perkiraan akhir Maret di 59,7. Data ini juga meredam emas.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id