Riset Morgan Stanley: Pemulihan Ekonomi RI Tercepat Kedua setelah Tiongkok

    Ade Hapsari Lestarini - 31 Mei 2020 20:24 WIB
    Riset Morgan Stanley: Pemulihan Ekonomi RI Tercepat Kedua setelah Tiongkok
    Foto: dok MI.
    Jakarta: Morgan Stanley dalam risetnya memaparkan pemulihan ekonomi Indonesia tercepat kedua setelah Tiongkok. Pemulihan ekonomi Indonesia ini sejajar dengan Filipina dan India.

    Demikian terungkap dalam riset Morgan Stanley berjudul "Tracking Covid-19 and Real Time Indicators" yang dikeluarkan pada 20 Mei 2020, dikutip Medcom.id, Minggu, 31 Mei 2020.

    Riset tersebut memaparkan Morgan Stanley melihat Tiongkok akan menjadi yang pertama kali pulih ekonominya di antara negara AXJ (negara kawasan Asia selain Jepang) pada kuartal III-2020.

    Sebagai perbandingan, negara-negara yang perekonomiannya paling berorientasi ekspor seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura akan cenderung pulih hingga kuartal I-2021.

    Morgan Stanley membagi ke dalam empat grup negara AxJ. Grup pertama adalah Tiongkok. Negeri Tirai Bambu ini menjadi yang pertama terdampak covid-19 dan yang pertama pulih ekonominya pada kuartal III-2020.

    Kemudian grup dua yakni Filipina, Indonesia, dan India. Riset tersebut memaparkan pemulihan ekonomi dari tiga negara ini menjadi tercepat kedua setelah Tiongkok, mengingat orientasi permintaan domestik dan struktural yang lebih kuat.

    Namun demikian, pemulihan ekonomi bagi tiga negara ini adalah jika covid-19 tidak memuncak pada kuartal II-2020.

    Selanjutnya grup tiga yakni Korea dan Taiwan. Kedua negara ini memiliki orientasi ekspor sedang dan akan dipengaruhi oleh resesi global, yang terjadi pada kuartal II-2020.

    "Tetapi, respons institusional untuk melawan covid-19 telah sangat efektif dan beberapa indikator permintaan domestik sudah mulai membaik," tulis riset Morgan Stanley untuk ekonomi Korea dan Taiwan.

    Sementara itu, grup empat ada Thailand, Malaysia, Hong Kong, dan Singapura. Keempat negara ini kemungkinan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, yakni pada kuartal I-2021.

    Keempat negara ini adalah beberapa yang paling berorientasi ekspor di AxJ. Beberapa juga telah menerapkan lockdown (penguncian), yang terpukul dua kali yakni pada ekspor dan permintaan domestik.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id