Selamat Pagi Indonesia

    Kesepakatan Pajak Negara Kaya Dunia Untungkan Indonesia

    MetroTV - 14 Juni 2021 13:26 WIB
    Kesepakatan Pajak Negara Kaya Dunia Untungkan Indonesia
    Ekonomi global. Foto : AFP



    Cornwall: Kesepakatan G7 terkait pajak minimum perusahaan diprediksi dapat mengurangi perang tarif pajak antarnegara. Kesepakatan itu pun dipercaya dapat mengurangi praktik penghindaran pajak.

    Pertemuan negara-negara ekonomi maju dunia menghasilkan kesepakatan pajak perusahaan dengan batas minimum 15 persen. Pajak ini berlaku pada perusahaan yang memiliki profitabilitas minimal 10 persen dari total pendapatan.

     



    Pengamat pajak Prabono Kristiaji berpendapat kesepakatan ini berdampak pada turunnya kompetisi pajak antarnegara. Sebagian negara menentukan tarif pajak yang rendah agar menjadi takes heaven atau surga pajak bagi perusahaan atau pelaku usaha.

    Dengan adanya kesepakatan ini, maka setiap negara tidak perlu menentukan tempat investasi berdasarkan tarif pajak, melainkan berdasarkan substansi ekonomi dari suatu negara. Prabono berpendapat hal ini dapat menguntungkan Indonesia. 

    Musababnya, besarnya pasar dalam negeri akan meningkatkan kesadaran perusahaan dalam membayar pajak. "Kalau misalnya kompetisi pajak berkurang, tentu akan menjamin praktik penghindaran pajak,” ujar dia saat diwawancarai Metro TV.

    Pertemuan G7 atau yang disebut Group of Seven adalah pertemuan rutin yang dilakukan negara-negara kaya di dunia. Di antaranya Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat.

    Tahun ini pertemuan G7 dilakukan di resor Cornish di Carbis Bay, Cornwall, Inggris. Pertemuan berlangsung selama tiga hari dari 11 hingga 13 Juni 2021.

    Dalam pertemuan ini dibahas isu-isu yang terkini. Seperti, upaya meningkatkan kerja sama dalam perdagangan global dan upaya pemulihan dunia dari pandemi covid-19. Pertemuan juga menyitir soal perubahan iklim. (Imanuel Rymaldi Matatula)

    Tayangan lengkapnya bisa dilihat DI SINI

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id