PDB Inggris Tumbuh 2,1% di Agustus 2020

    Angga Bratadharma - 10 Oktober 2020 15:46 WIB
    PDB Inggris Tumbuh 2,1% di Agustus 2020
    Ilustrasi. FOTO: Justin Tallis/AFP
    London: Kantor Statistik Nasional Inggris atau British Office for National Statistics (ONS) mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris mengalami kenaikan bulanan keempat berturut-turut pada Agustus 2020. Akan tetapi, pertumbuhan tersebut tetap jauh di bawah tingkat sebelum pandemi covid-19 melanda.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 10 Oktober 2020, data ONS menunjukkan PDB tumbuh sebesar 2,1 persen di Agustus secara bulan ke bulan atau lebih rendah dari kenaikan bulanan sebelumnya sebesar 6,4 persen di Juli, lalu 9,1 persen di Juni, dan 2,7 persen di Mei. Kondisi itu akibat keputusan penguncian mulai dikurangi di seluruh wilayah di Inggris.

    "Kenaikan 2,1 persen secara bulan ke bulan yang mengecewakan dalam PDB (karena perkiraan konsensus tumbuh 4,6 persen) menambah bukti bahwa rebound awal dalam aktivitas ekonomi hampir habis," kata Ekonom Capital Economics Ruth Gregory.

    Meskipun ada pertumbuhan secara berturut-turut, ONS menambahkan, tingkat produksi pada Agustus 9,2 persen lebih rendah dari tingkat yang terlihat pada Februari 2020, sebelum dampak penuh pandemi virus korona. Dibandingkan dengan PDB pada Februari, penurunan terlihat secara luas di semua sektor pada Agustus.

    "Dengan jasa, manufaktur, dan konstruksi turun masing-masing sebesar 9,6 persen, 8,5 persen, dan 10,8 persen," kata ONS.

    Meramalkan prospek ekonomi dalam beberapa bulan mendatang menjadi sulit. Pasalnya, para analis berpikir itu akan menjadi tantangan berat yang dihadapi Inggris karena pembatasan lebih lanjut diperkirakan diberlakukan kembali di tengah kebangkitan kembali pandemi covid-19.

    Sebanyak 17.540 orang lainnya di Inggris dinyatakan positif covid-19, menjadikan jumlah total kasus virus korona di negara itu menjadi 561.815, menurut angka resmi yang dirilis. Untuk mengembalikan kehidupan normal, negara-negara seperti Inggris, Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin virus korona.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id