Ekonomi Taiwan Tumbuh Cepat di Tengah Pandemi

    Nia Deviyana - 23 Februari 2021 13:43 WIB
    Ekonomi Taiwan Tumbuh Cepat di Tengah Pandemi
    Ilustrasi. Foto: AFP



    Taipei: Taiwan meningkatkan perkiraan pertumbuhan ekonominya pada 2021, menjadi ekspansi tercepat dalam tujuh tahun terakhir. Hal ini berkat permintaan global terhadap produk semikonduktor yang meningkatkan permintaan ekspor kawasan tersebut.

    Melansir CNBC International, Selasa, 23 Februari 2021, ekonomi Taiwan diperkirakan tumbuh 4,64 persen secara year on year (yoy) pada 2021.






    Data Biro Statistik Taiwan tersebut mengatakan, pertumbuhan yang diproyeksikan untuk 2021 merupakan peningkatan dari perkiraan sebelumnya untuk ekspansi 3,83 persen, dan percepatan dari pertumbuhan yang direvisi 3,11 persen untuk seluruh 2020.

    Ekonomi Asia Utara tumbuh paling cepat di Asia tahun lalu, ketika pandemi covid-19 menghambat aktivitas di banyak negara dan wilayah. Taiwan tercatat tumbuh lebih cepat dari Tiongkok untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

    Ekonom bank investasi Prancis Natixis, Gary Ng mengatakan ekonomi Taiwan berada di "sweet spot" dengan permintaan yang tinggi untuk produk teknologi secara global, ditambah penanggulangan pandemi covid-19 yang relatif berhasil.

    Selain itu, permintaan semikonduktor yang penting sebagai bahan baku teknologi menyumbang lebih dari setengah total ekspor Taiwan.

    Ekspor barang tumbuh 4,9 persen secara yoy pada 2020. Kebijakan penguncian yang bertujuan untuk menahan penyebaran covid-19 memaksa orang untuk bekerja dan belajar dari jarak jauh. Hal ini mendorong permintaan produk elektronik seperti laptop.

    Berkat hal tersebut pula, pertumbuhan ekspor barang Taiwan diperkirakan juga akan naik hampir dua kali lipat menjadi 9,58 persen pada 2021.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id