comscore

Airbus Sepakat untuk Restrukturisasi Pesanan Jet AirAsia

Angga Bratadharma - 19 September 2021 10:03 WIB
Airbus Sepakat untuk Restrukturisasi Pesanan Jet AirAsia
Ilustrasi. FOTO: AFP
Paris: Airbus dikabarkan telah setuju untuk memotong harga atau menjadwal ulang pengiriman ratusan jet yang dipesan oleh AirAsia Malaysia. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan kontrak senilai puluhan miliar dolar dengan pelanggan terbesarnya di Asia.

Mengutip Channel News Asia, Minggu, 19 September 2021, kesepakatan restrukturisasi mengartikan mengatur ulang hubungan antara dua mitra terdekat industri, yang terkoyak oleh dampak keuangan akibat krisis virus korona dan mengangkat ketidakpastian atas nasib hingga 400 jet lorong tunggal keluarga A320 yang belum dikirim.
Namun, Airbus menolak berkomentar lebih lanjut dengan AirAsia tidak segera membalas permintaan untuk berkomentar. "Kesepakatan AirAsia tidak melibatkan pembatalan pemesanan jet, tetapi mencakup jadwal pengiriman baru dan pemotongan harga atau peningkatan lainnya," kata sumber yang mengetahui hal tersebut.

AirAsia mengatakan tahun lalu akan berhenti menerima pengiriman semua jet Airbus dan meninjau pesanan yang tersisa. Sumber industri mengatakan AirAsia juga telah berhenti mengirim pembayaran kemajuan ke Airbus, mendorong pembuat pesawat itu untuk menangguhkan rencana memproduksi jet sesuai pesanan sambil menunggu kesepakatan restrukturisasi baru.

Kesepakatan itu terjadi ketika maskapai lain di Asia yang telah memesan ratusan jet untuk mengamankan pertumbuhan mereka berada di tengah-tengah restrukturisasi atau diperkirakan akan mendesak bantuan. "Pemasok lain juga diperkirakan mendapat tekanan untuk menegosiasikan kondisi baru," salah satu sumber mengatakan.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id