comscore

IMF: Rasa Sakit Diperlukan untuk Lawan Ledakan Inflasi

Antara - 25 Juni 2022 15:05 WIB
IMF: Rasa Sakit Diperlukan untuk Lawan Ledakan Inflasi
Ilustrasi. FOTO: IMF
Washington: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menggarisbawahi pentingnya memerangi inflasi sekarang untuk menopang prospek pertumbuhan ekonomi di masa depan. IMF memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan kesakitan bagi konsumen dalam jangka pendek.

"Sukses dari waktu ke waktu (dalam menurunkan harga) akan bermanfaat bagi pertumbuhan global, tetapi beberapa kesulitan untuk mencapai kesuksesan itu bisa menjadi harga yang harus dibayar," kata Kristalina, dilansir dari Antara, Sabtu, 25 Juni 2022,
Adapun IMF memangkas perkiraan pertumbuhan AS untuk 2022 sebesar 0,8 poin persentase menjadi 2,9 persen. Georgieva mengatakan IMF percaya Amerika Serikat dapat lolos dari resesi, tetapi memperingatkan bahwa prospek itu memiliki risiko penurunan signifikan.

Oktober lalu, IMF memperkirakan pertumbuhan AS sebesar 5,2 persen tahun ini, tetapi sejak itu, varian covid-19 baru dan gangguan rantai pasokan yang membandel telah memperlambat pemulihan, sementara lonjakan tajam harga bahan bakar dan makanan yang didorong oleh perang Rusia di Ukraina semakin memicu inflasi ke tertinggi 40 tahun.
 
Baca: IMF Desak Dunia Segera Atasi Krisis Pangan

"Kami sadar bahwa ada jalan sempit untuk menghindari resesi di AS," kata Kristalina Georgieva, mencatat bahwa prospek memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi.

"Ekonomi terus pulih dari pandemi dan guncangan penting menghantam ekonomi dari invasi Rusia ke Ukraina dan dari penguncian di Tiongkok. Kejutan negatif lebih lanjut pasti akan membuat situasi lebih sulit," tambahnya.

Jika cukup besar, Deputi Direktur IMF Belahan Barat Nigel Chalk mengatakan, kejutan dapat mendorong Amerika Serikat ke dalam resesi, tetapi kemungkinan akan singkat dan dangkal dengan sedikit peningkatan pengangguran, mirip dengan resesi AS pada 2001. Penghematan AS yang kuat akan membantu mendukung permintaan.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id