comscore

Sanksi Rusia Bikin Krisis Pangan Global Memburuk?

Antara - 17 Mei 2022 11:21 WIB
Sanksi Rusia Bikin Krisis Pangan Global Memburuk?
Ilustrasi kraina dan Rusia menjadi salah satu lumbung pangan utama dunia, khususnya gandum - - Foto: dok FAO
Moskow: Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan upaya Barat dan kelompok negara G7 dalam mengisolasi Moskow telah memperburuk krisis pangan global.

"Upaya untuk mengalihkan Rusia secara ekonomi, finansial, dan logistik dari saluran kerja sama internasional yang sudah berlangsung lama hanya memperburuk krisis ekonomi dan pangan," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan, Selasa, 17 Mei 2022.
Adapun sanksi ekonomi terhadap Rusia dinilai hanya akan memperburuk rantai logistik dan pangan global. Sebelum perang, Ukraina dan Rusia menyumbang sekitar 29 persen dari produksi gandum untuk pasar dunia.

Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sebagai operasi militer khusus untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis. Namun, Ukraina dan Barat mengatakan tuduhan fasis tidak berdasar dan perang adalah tindakan agresi yang tidak beralasan.


Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) sebelumnya menyebut gangguan arus ekspor akibat invasi 24 Februari itu dan sanksi internasional terhadap Rusia memicu kekhawatiran terhadap krisis kelaparan global, terutama di Timur Tengah dan Afrika. 

Rusia dan Ukraina, wilayah penghasil biji-bijian merupakan salah satu lumbung pangan utama dunia, menyumbang sebagian besar ekspor dunia dalam beberapa komoditas utama, termasuk gandum, minyak sayur, dan jagung. 

"Harga komoditas pangan dunia membuat lompatan signifikan pada Maret untuk mencapai level tertinggi yang pernah ada, karena perang di wilayah Laut Hitam menyebarkan kejutan melalui pasar untuk biji-bijian dan minyak nabati," kata FAO dalam satu pernyataan.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id