10 Negara Terkaya di Dunia, 2 dari Asia Tenggara, Indonesia Termasuk?

    Ade Hapsari Lestarini - 13 Oktober 2020 12:56 WIB
    10 Negara Terkaya di Dunia, 2 dari Asia Tenggara, Indonesia Termasuk?
    Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia versi Global Finance. Foto: AFP.
    Jakarta: Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar negara terkaya? Pasti masyarakat yang sejahtera, sumber daya alam melimpah, hingga banyaknya investasi asing yang mendarat di negara tersebut.

    Negara kaya itu juga identik dengan negara besar. Tetapi faktanya, ternyata negara-negara kaya ini merupakan sebuah negara kecil.

    Lalu, apa yang menjadi acuan sebuah negara itu kaya? Mengutip Global Finance, Selasa, 13 Oktober 2020, dijelaskan ukuran negara kaya ini sering kali sama dengan "kecil". Kemudian menjadi jelas, ekonomi negara-negara kaya ini sangat besar secara tidak proporsional dibandingkan dengan populasi mereka yang relatif kecil.

    Hanya dengan memperhitungkan tingkat inflasi dan biaya barang jasa lokal, diperoleh gambaran yang lebih akurat tentang standar hidup rata-rata suatu negara. Angka yang dihasilkan adalah apa yang disebut dengan paritas daya beli, yang selalu dikaitan dengan dolar internasional.

    Namun demikian, pandemi covid-19 membuka tabir perbedaan ini dengan cara yang hanya bisa diprediksi oleh sedikit orang. Meskipun tidak ada keraguan bahwa negara-negara terkaya memiliki sumber daya untuk membantu menyelamatkan lebih banyak nyawa dan pekerjaan, kemerosotan ekonomi menghantam pekerja ber-upah rendah lebih keras daripada mereka yang memiliki pekerjaan bergaji tinggi.

    Jenis ketimpangan baru juga muncul, beberapa orang dapat bekerja dari rumah, beberapa lainnya kehilangan mata pencaharian dan menemukan diri mereka sendiri tanpa jaring pengaman.

    Sementara itu, pemulihan ekonomi berbentuk V yang masih diharapkan banyak orang--penurunan tajam ekonomi singkat diikuti oleh rebound yang sama cepatnya--tampaknya kecil kemungkinannya dari hari ke hari.

    Berikut daftar 10 negara terkaya di dunia pada 2020 versi Global Finance:

    10. Switzerland.
    9. Kuwait.
    8. Uni Emirat Arab.
    7. Norwegia.
    6. Irlandia.
    5. Brunei Darussalam.
    4. Singapura.
    3. Luksemburg.
    2. Makau.
    1. Qatar.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id