Keputusan OPEC-Sekutu Dorong Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penguatan

    Angga Bratadharma - 05 Desember 2020 09:01 WIB
    Keputusan OPEC-Sekutu Dorong Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penguatan
    Ilustrasi. FOTO: Haidar Mohammed Ali/AFP
    New York: Harga minyak dunia menguat pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), setelah Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya menyetujui sedikit peningkatan produksi pada Januari 2021. Namun, melonjaknya kasus infeksi covid-19 masih menjadi ancaman di pasar minyak.

    Mengutip Xinhua, Sabtu, 5 Desember 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari naik 62 sen menjadi USD46,26 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Februari naik 54 sen menjadi USD49,25 per barel di London ICE Futures Exchange.

    OPEC dan sekutunya, kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, sepakat untuk meningkatkan produksi minyak sebesar 500 ribu barel per hari (bph) dari Januari 2021 dan mengatakan mereka akan bertemu setiap bulan untuk memutuskan tingkat produksi lebih lanjut.

    Awal tahun ini, OPEC+ telah melakukan pemotongan produksi besar-besaran karena pandemi merugikan permintaan bahan bakar global dan harga minyak. Untuk minggu ini, WTI dan Brent masing-masing naik 1,6 persen dan 2,1 persen, berdasarkan kontrak bulan depan mereka.

    Di sisi lain, indeks saham utama di bursa Wall Street ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Jumat waktu setempat (Sabtu WIB). Penguatan dapat terjadi meski data menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat melambat bulan lalu di tengah melonjaknya infeksi covid-19.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 248,74 poin atau 0,83 persen menjadi 30.218,26. S&P 500 naik 32,40 poin atau 0,88 persen menjadi 3.699,12. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 87,05 poin atau 0,70 persen menjadi 12.464,23.

    Ketiga indeks utama membukukan rekor intraday dan penutupan tertinggi. Sedangkan sebanyak sembilan dari 11 sektor utama S&P 500 naik, dengan sektor energi berakhir naik 5,43 persen, mengungguli yang lain. Sektor utilitas tergelincir 1,04 persen, kelompok dengan kinerja terburuk.

    Perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS sebagian besar diperdagangkan lebih rendah, dengan tujuh dari 10 saham teratas menurut bobot di indeks Tiongkok 50 yang terdaftar di S&P AS mengakhiri hari dengan catatan suram.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id