Warning!, IMF: Gangguan Pasokan Perlambat Pemulihan Ekonomi Global

    Angga Bratadharma - 14 Oktober 2021 10:10 WIB
    <i>Warning</i>!, IMF: Gangguan Pasokan Perlambat Pemulihan Ekonomi Global
    Ilustrasi. FOTO: AFP



    Washington: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memperingatkan gangguan rantai pasokan di seluruh dunia mendorong kenaikan harga dan menguras momentum ekonomi yang pulih dari pandemi covid-19. Persoalan itu patut diantisipasi secepat mungkin agar tidak memberikan efek negatif.

    "Pukulan berkelanjutan dari pandemi dan kegagalan untuk mendistribusikan vaksin di seluruh dunia memperburuk kesenjangan ekonomi dan prospek yang gelap bagi negara-negara berkembang," kata IMF, dalam World Economic Outlook terbaru, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 14 Oktober 2021.

     



    IMF dalam laporannya mengungkapkan ekonomi global diperkirakan tumbuh 5,9 persen pada tahun ini, sedikit lebih rendah dari yang diproyeksikan pada Juli, sebelum melambat menjadi 4,9 persen pada 2022.

    "Tetapi angka keseluruhan menutupi penurunan peringkat yang besar dan perjuangan yang sedang berlangsung untuk beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, Jerman, dan Jepang yang merasakan dampak dari kemacetan pasokan," kata Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath.

    "Pemulihan ini benar-benar sangat unik," tambahnya, di sela-sela pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia.

    Meskipun permintaan kembali kuat, sisi pasokan belum dapat kembali secepat itu karena sebagian terhambat oleh penyebaran varian delta covid-19, yang membuat para pekerja enggan untuk kembali ke pekerjaan mereka. Kekurangan tenaga kerja itu memberikan tekanan pada harga di negara-negara ekonomi utama dan memperlambat ekspektasi pertumbuhan tahun ini.

    Harga energi telah mencapai tertinggi multi-tahun dalam beberapa hari terakhir, dengan minyak di atas USD80 per barel, membebani rumah tangga. Tetapi Gopinath memperkirakan harga energi akan mulai turun pada akhir kuartal pertama 2022.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id