Bank Sentral Tiongkok Diprediksi Pertahankan Tingkat Suku Bunga

    Angga Bratadharma - 20 Oktober 2021 06:47 WIB
    Bank Sentral Tiongkok Diprediksi Pertahankan Tingkat Suku Bunga
    Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok. FOTO: AFP



    Shanghai: Survei para ekonom menunjukkan Tiongkok diperkirakan mempertahankan suku bunga pinjamannya untuk 18 bulan berturut-turut pada kebijakan penetapan di Oktober. Proyeksi itu muncul meskipun ada tekanan pada ekonomi yang di antaranya krisis energi dan pandemi covid-19.

    Mengutip Channel News Asia, Rabu, 20 Oktober 2021, sebanyak 19 pedagang dan analis, atau 95 persen dari 20 peserta, dalam jajak pendapat memperkirakan tidak ada perubahan baik dalam satu tahun Loan Prime Rate (LPR) atau tenor lima tahun setelah People's Bank of China (PBOC) mempertahankan tingkat bunga pinjaman jangka menengah pada minggu lalu.

     



    Satu responden sisanya memperkirakan pemotongan marjinal sebesar lima basis poin untuk LPR satu tahun dan memperkirakan tidak ada perubahan pada tenor lima tahun, yang memengaruhi harga hipotek. LPR satu tahun saat ini berada di 3,85 persen, dan tingkat lima tahun berada di 4,65 persen.

    Ekonomi Tiongkok

    Ekonomi Tiongkok tumbuh 4,9 persen pada kuartal Juli-September dari tahun sebelumnya, data menunjukkan, laju terlemah sejak kuartal ketiga 2020. Ekonomi terbesar kedua di dunia itu bergulat dengan kekurangan listrik yang melanda pabrik-pabrik dan masalah utang di sektor propertinya.

    Ekspektasi pasar yang kuat untuk penetapan LPR tetap stabil di Oktober datang karena PBOC menggulirkan pinjaman jangka menengah yang jatuh tempo pada Jumat lalu dan mempertahankan suku bunga mereka.

    "Suku bunga pinjaman jangka menengah (MLF) menetapkan dasar untuk kutipan LPR bank komersial. PBOC juga telah menjaga suku bunga pasar antarbank secara luas stabil baru-baru ini, memberikan sedikit insentif kepada bank komersial untuk menurunkan suku bunga pinjaman atas kemauan mereka sendiri," kata Ekonom Capital Economics dalam sebuah catatan.

    "Semua ini menunjukkan LPR tidak berubah bulan ini," kata mereka, dengan menambahkan langkah berikutnya yang jelas akan memotong LPR lima tahun untuk membantu mendukung permintaan perumahan.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id