Diserbu Investor, Koreksi Membayangi Pasar Saham AS

    Antara - 22 Januari 2021 21:10 WIB
    Diserbu Investor, Koreksi Membayangi Pasar Saham AS
    Ilustrasi kegiatan di Wall Street. Foto: AFP.
    London: Data aliran mingguan Bank of America (BofA) menunjukkan investor menyerbu pasar saham pada minggu lalu, sehingga membuat arus masuk investasi dalam tiga bulan terakhir melonjak ke rekor USD255 miliar.

    Melansir Antara, Jumat, 22 Jauari 2021, kondisi tersebut mendorong para investor untuk waspada tentang koreksi yang membayangi pasar saham.

    Neraca Federal Reserve AS mencapai 42 persen dan defisit anggaran Amerika Serikat (AS) membengkak menjadi 33 persen dari produk domestik bruto. BofA mengatakan gelembung kebijakan memicu gelembung harga aset di Wall Street.

    Saham-saham dunia telah melonjak 77 persen dari posisi terendah Maret tahun lalu, dipimpin oleh AS karena stimulus ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

    Ekuitas menarik USD21,6 miliar dalam seminggu hingga Rabu, 13 Januari 2021, terutama didorong oleh emerging markets. Sektor bisnis, keuangan, dan energi naik paling tinggi karena perdagangan reflasi semakin cepat, dengan ekspektasi dukungan fiskal lebih lanjut dari pemerintahan AS yang baru di bawah Joe Biden.

    "Kebijakan ekstrem tetap menjadi penjelasan terbaik untuk reli ekstrem dari posisi terendah pada 2020. Kami memperkirakan penyesuaian posisi dan koreksi puncak di kuartal pertama," kata Kepala strategi investasi BofA Michael Hartnett.

    Pandangan Hartnett mencerminkan peringatan serupa dari beberapa bank Wall Street minggu ini.

    "Pasar naik karena kabar baik, tetapi memilih untuk mengabaikan data yang lebih lemah dengan tingkat infeksi (covid-19) yang meningkat," tim investasi Goldman Sachs menulis dalam sebuah catatan pada Selasa, 19 Januari 2021 lalu.

    "Aliran dana yang cepat dan aset-aset berisiko yang sangat berkorelasi membuat koreksi dalam waktu dekat semakin mungkin terjadi."

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id