Harga Minyak Dunia Melonjak

    Angga Bratadharma - 20 April 2021 08:49 WIB
    Harga Minyak Dunia Melonjak
    Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/SCOTT HEPPELL



    New York: Harga minyak dunia melonjak pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), membangun keuntungan yang mereka cetak di minggu sebelumnya. Sejumlah katalis positif memberikan dorongan terhadap harga minyak di antaranya membaiknya data perekonomian Amerika Serikat dan Tiongkok.

    Mengutip Xinhua, Selasa, 20 April 2021, West Texas Intermediate untuk pengiriman Mei naik 25 sen menjadi USD63,38 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Juni naik 28 sen menjadi USD67,05 per barel di London ICE Futures Exchange.






    Pergerakan tersebut mengikuti minggu yang solid di pasar minyak, yang melihat patokan minyak mentah AS dan Brent masing-masing melonjak 6,4 persen dan 6,1 persen.

    "Sejak IEA menaikkan perkiraan permintaannya (secara signifikan) minggu lalu, pasar minyak telah berkonsentrasi pada pemulihan kuat yang diharapkan pada paruh kedua tahun ini dan mengabaikan risiko permintaan saat ini," kata Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg.

    "Selain itu, sentimen yang mendasari pasar keuangan secara keseluruhan positif berkat data ekonomi yang baik di AS dan Tiongkok, serta dolar AS melemah," tambahnya.

    Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,53 persen menjadi 91,0709 pada akhir perdagangan Senin. Secara historis, harga minyak berbanding terbalik dengan harga dolar AS.

    Dalam laporan bulanannya yang dirilis minggu lalu, Badan Energi Internasional (IEA) mengkonfirmasi dan memperkuat ekspektasi pertumbuhan permintaan yang lebih kuat meskipun terjadi pandemi. Ini merevisi naik perkiraan untuk permintaan minyak global pada 2021 sebesar 230 ribu barel per hari.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id