Turun Drastis, Jumlah Pekerja Korsel Capai 27 Juta

    Arif Wicaksono - 12 November 2020 14:56 WIB
    Turun Drastis, Jumlah Pekerja Korsel Capai 27 Juta
    Korea Selatan. Foto : AFP.
    Seoul: Angka kehilangan lapangan kerja Korea Selatan (korsel) mencapai level tertinggi dalam enam bulan di tengah pandemi covid-19 yang berkepanjangan.

    Dikutip dari Xinhua, Kamis, 12 November 2020, Badan Statistik Korea mencatat jumlah mereka yang bekerja mencapai 27.088.000 pada Oktober, turun 421 ribu dari bulan yang sama tahun lalu. Itu menandai penurunan tercepat sejak April.

    Kehilangan pekerjaan berlanjut selama delapan bulan berturut-turut, dengan kontraksi 195 ribu pada Maret, 476 ribu di April, 392 ribu di Mei, 352 ribu di Juni, 277 ribu di Juli, 274 ribu di Agustus, dan 392 ribu di September.

    Sementara itu, jumlah dari mereka yang menganggur adalah 1.028.000 di Oktober, naik 164 ribu dari tahun sebelumnya. Tingkat pengangguran naik 0,7 poin persentase selama setahun menjadi 3,7 persen pada Oktober, menandai pembacaan Oktober tertinggi sejak 2000.

    Masih belum maksimal

    Sentimen positif di kalangan pebisnis Korea Selatan (Korsel) atas situasi ekonomi membaik pada bulan ini di tengah meredanya kekhawatiran tentang pandemi covid-19. Meskipun membaik para pebisnis masih pesimistis mengenai prospek perekonomian negara gingseng itu.
     
    Indeks sentimen bisnis (BSI) korsel barada pada level 74 pada Oktober, atau naik 10 poin dari bulan sebelumnya, menurut Bank Sentral Korea. Meskipun membaik angka ini masih belum optimal. Angka di bawah 100 menunjukkan orang yang pesimistis melebihi jumlah orang optimistis.
     
    Ini menandai peningkatan bulanan tercepat dalam waktu sekitar 11 setengah tahun sejak April 2009. Kekhawatiran berkurang atas covid-19, yang muncul pada Agustus dan September karena infeksi klaster di wilayah metropolitan Seoul.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id