comscore

Rusia Longgarkan Pembatasan Transfer Uang ke Luar Negeri

Antara - 01 April 2022 19:21 WIB
Rusia Longgarkan Pembatasan Transfer Uang ke Luar Negeri
Bendera Rusia. Foto : AFP.
Moskow: Bank Sentral Rusia mengatakan pihaknya melonggarkan pembatasan transfer dana asing untuk individu untuk periode enam bulan.

Bank Sentral Rusia mengatakan langkah-langkah tersebut, yang meningkatkan batasan sebelumnya pada dana yang dapat ditransfer ke luar negeri, tidak berlaku untuk penduduk dan bukan penduduk dari negara-negara yang telah memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas Ukraina.
"Dalam satu bulan kalender, individu memiliki hak untuk mentransfer tidak lebih dari USD10 ribu atau setara dalam mata uang lain dari Federasi Rusia dari rekening mereka di bank Rusia ke rekening mereka atau ke orang lain di luar negeri," kata Bank Sentral Rusia dikutip dari Antara, Jumat, 1 April 2022.

Bank Sentral Rusia menambahkan transfer ke luar negeri dari rekening bank bukan penduduk, individu atau badan hukum dari negara yang telah mengenakan sanksi ditangguhkan selama enam bulan ke depan.

Langkah itu akan mengurangi ketegangan pada orang Rusia yang secara teratur mengirim dana ke kerabat di luar negeri, atau kepada mereka yang telah meninggalkan negara itu tanpa akses ke dana mereka di dalam negeri.

Awal bulan ini, bank sentral mengatakan untuk sementara menangguhkan transfer oleh badan hukum asing dan individu dari beberapa negara ke rekening di luar negeri. Bank juga membatasi transfer yang setara dengan tidak lebih dari USD5.000 per bulan.

Regulator mengatakan pekan lalu bank sentral Rusia yang dikenakan pada bulan lalu pada arus modal keluar dari negara itu adalah langkah balasan sebagai tanggapan atas bagian dari cadangannya yang dibekukan oleh negara-negara Barat.

Sanksi Barat yang dikenakan pada Rusia atas apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina telah membatasi kemampuan bank sentral untuk mendukung mata uang rubel dengan dolar dan euro yang disimpan dalam mata uang asing dan cadangan emasnya.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id