Neraca Defisit AS Melebar Tajam di Kuartal II-2020

    Arif Wicaksono - 20 September 2020 08:16 WIB
    Neraca Defisit AS Melebar Tajam di Kuartal II-2020
    Amerika Serikat. Foto : AFP.
    Wahington: Defisit neraca berjalan Amerika Serikat (AS) melebar tajam pada kuartal kedua 2020 karena pandemi covid-19 membebani ekspor AS. Departemen Perdagangan AS melaporkan hal ini.

    Dikutip dari Xinhua, Minggu, 20 September 2020, neraca saat ini, yang mencerminkan saldo gabungan pada perdagangan barang dan jasa serta arus pendapatan antara Amerika Serikat dan negara lain, meningkat sebesar 52,9 persen menjadi USD170,5 miliar pada kuartal kedua.

    Hal itu sama dengan 3,5 persen dari produk domestik bruto (PDB) di kuartal kedua atau naik dari 2,1 persen di kuartal pertama.

    Defisit neraca berjalan yang melebar pada kuartal kedua sebagian besar mencerminkan defisit barang yang meluas dan surplus yang berkurang pada pendapatan primer dan jasa.

    Departemen Perdagangan juga mencatat bahwa semua kategori utama dari transaksi rekening koran menurun pada kuartal kedua sebagian karena pandemi, karena banyak bisnis yang beroperasi dengan kapasitas terbatas atau menghentikan operasi sepenuhnya, serta pergerakan wisatawan yang melintasi perbatasan dibatasi.

    Perekonomian AS mengalami kontraksi pada tingkat tahunan sebesar 31,7 persen pada kuartal kedua, penurunan paling tajam sejak pemerintah mulai mencatat pada 1947.

    Sebuah survei nasional dari Federal Reserve yang dirilis awal bulan ini menunjukkan bahwa ekonomi AS tumbuh moderat selama musim panas di tengah ketidakpastian yang terus berlanjut tentang pandemi dan efek negatifnya pada aktivitas konsumen dan bisnis.

    "Ketidakpastian dan volatilitas yang berkelanjutan terkait dengan pandemi, dan efek negatifnya pada konsumen dan aktivitas bisnis, adalah tema yang digemakan di seluruh negeri," kata survei tersebut.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id