Lee Kun-hee, Bos Samsung dan Orang Terkaya di Korsel Meninggal Dunia

    Ade Hapsari Lestarini - 26 Oktober 2020 08:52 WIB
    Lee Kun-hee, Bos Samsung dan Orang Terkaya di Korsel Meninggal Dunia
    Chairman Samsung Electronics Lee Kun-hee meninggal dunia pada usia 78 tahun. Foto: AFP/Jung Yeon-je.
    Seoul: Salah satu pendiri dan serta Chairman Samsung Electronics, Lee Kun-hee, meninggal dunia pada usia 78 tahun di Seoul, Minggu, 25 Oktober 2020.

    Melansir Xinhua, Senin, 26 Oktober 2020, dalam pernyataan yang dikeluarkan Samsung, Lee Kun-hee meninggal ditemani keluarganya di sisinya. Termasuk wakil ketua Samsung Electronics Lee Jae-yong, satu-satunya putra senior Lee dan pewaris.

    "Chairman Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator dan pembangkit tenaga industri terkemuka dunia dari bisnis lokal," kata Samsung.

    Lee, kepala Samsung Group, konglomerat terbesar milik keluarga di negara yang portofolio bisnisnya mulai dari teknologi dan asuransi hingga konstruksi dan taman hiburan. Lee telah terbaring di tempat tidur sejak dia menderita serangan jantung pada Mei 2014.

    Rintis karier

    Putra pendiri Samsung Group Lee Byung-chul ini lahir pada Januari 1942. Dia pergi menempuh pendidikannya ke Jepang dan lulus dari Universitas Waseda mengambil jurusan bisnis pada 1965.

    Kemudian orang terkaya di Korea Selatan (Korsel) sejak 2007 ini juga menyelesaikan program MBA Universitas George Washington dan bergabung dengan Samsung pada 1966.

    Kariernya pun berkembang pesat, dia dipromosikan menjadi wakil ketua Samsung C&T, unit konstruksi Samsung Group, pada 1978. Serta menjadi wakil ketua grup pada tahun berikutnya.

    Lee menjadi ketua grup pada usia 45 tahun setelah kematian pendirinya pada 1987. Dia kemudian mengumumkan filosofi bisnis "Manajemen Baru" khasnya pada 1993.

    Kantor berita Yonhap melaporkan aset kelompok itu tercatat sekitar delapan triliun won (USD6,9 miliar) pada 1987. Kemudian terus menanjak menjadi hampir 500 triliun won (USD443 miliar) seperti sekarang.

    Pada 2008, Lee didakwa oleh jaksa penuntut khusus dengan tuduhan mengoperasikan dana gelap dan diberhentikan dari manajemen. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara oleh pengadilan distrik Seoul yang ditangguhkan selama lima tahun atas tuduhan menghindari pajak.

    Namun dia mendapat pengampunan presiden pada Desember 2009 sebelum dipekerjakan kembali sebagai ketua Samsung Electronics pada awal 2010.

    Warisan pajak

    Dengan kematian Lee, istrinya Hong Ra-hee, putra satu-satunya Jae-yong, dan dua putrinya Boo-jin dan Seo-hyun akan menghadapi warisan pajak yang besar. Yonhap melaporkan bahwa pajak warisan diperkirakan mencapai 10,6 triliun won (USD9,4 miliar).

    Keluarga juga mewarisi saham Lee di afiliasi Samsung senilai lebih dari 18 triliun won (USD16 miliar) hingga penutupan perdagangan Jumat.

    Jae-yong telah menjadi pemimpin de facto sejak ayahnya dirawat di rumah sakit, tetapi wakil ketua Samsung Electronics itu telah terlibat dalam skandal suksesi manajemen.

    Pria berusia 52 tahun itu pada bulan lalu didakwa atas tuduhan penipuan akuntansi dan manipulasi harga saham dalam merger dua afiliasi Samsung, Samsung C&T dan Cheil Industries, pada 2015.

    Dia sudah menjalani hukuman sekitar satu tahun penjara karena keterlibatannya dalam skandal politik yang menyebabkan pemakzulan mantan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

    Lee dibebaskan dari penjara pada Februari 2018 ketika pengadilan banding menjatuhkan hukuman percobaan kepada ahli waris Samsung, tetapi pengadilan tinggi memerintahkan peninjauan atas hukuman yang ditangguhkan tersebut.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id