comscore

Standard Chartered Targetkan Capai Emisi Karbon Nol Bersih di 2050

Angga Bratadharma - 05 November 2021 07:58 WIB
Standard Chartered Targetkan Capai Emisi Karbon Nol Bersih di 2050
Ilustrasi. FOTO: ISAAC LAWRENCE/AFP
London: Standard Chartered Group mengumumkan target baru yang ambisius untuk mencapai emisi karbon nol bersih dari aktivitas yang didanainya pada 2050, termasuk target sementara 2030 untuk sektor yang paling intensif karbon. Pendekatan grup didasarkan dengan skenario Net Zero Emissions by 2050 (NZE) oleh Badan Energi Internasional.

Walaupun 33 dari 59 negara tempat grup beroperasi saat ini tidak memiliki komitmen untuk mencapai karbon nol bersih pada 2050, Grup Standard Chartered telah menetapkan rencananya untuk garis waktu ini. Hal itu sebagai pengakuan akan peran penting yang dapat dimainkan dalam proses transisi.

 



Banyak dari negara-negara tersebut saat ini bergantung pada industri padat karbon untuk pertumbuhan ekonomi mereka. Untuk mencapai transisi yang adil –transisi dengan tujuan iklim terpenuhi tanpa menghapus peluang negara berkembang untuk tumbuh dan makmur– dibutuhkan modal dan dukungan khusus.

Mengutip keterangan tertulisnya, Jumat, 5 November 2021, Grup Standard Chartered memiliki posisi unik untuk membantu dengan mengarahkan modal ke negara-negara yang memiliki peluang terbesar guna mengadopsi teknologi rendah karbon, dan mengatasi beberapa tantangan terberat dalam hal pendanaan transisi dan iklim.

Karbon nol bersih

Pendekatan karbon nol bersih Grup Standard Chartered memiliki tujuan. Pertama, mengurangi emisi yang terkait dengan aktivitas pendanaan menjadi nol karbon bersih pada 2050, dan menetapkan target sementara untuk 2030 di sektor-sektor Grup yang paling intensif karbon

Perkiraan Grup Standard Chartered saat ini tentang emisi dari basis nasabah korporasi (yang termasuk dalam lingkup) pada akhir 2020 adalah setara dengan 45,2 juta metrik ton karbon dioksida yang terkait dengan aset sebesar USD74,8 miliar (atau 77 persen dari total pembiayaan untuk nasabah korporasi yang tercatat pada neraca sebesar USD97,3 miliar ).

Grup Standard Chartered akan menghentikan pembiayaan di tingkat entitas perusahaan yang berekspansi di batu bara termal, dengan penyediaan layanan keuangan yang berkelanjutan kepada Grup Standard Chartered nasabah/induk perusahaan akan tunduk pada uji kelayakan (due diligence) yang ditingkatkan.

Di samping larangan yang sudah ada untuk tidak membiayai pembangkit listrik tenaga batu bara baru serta perluasannya, Grup Standard Chartered juga akan untuk mengurangi emisi pertambangan batu bara termal yang dibiayai secara absolut sebesar 85 persen pada 2030.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id