Wakil Perdana Menteri Tiongkok Serukan Sektor Keuangan Lebih Adil

    Arif Wicaksono - 21 Oktober 2021 20:04 WIB
    Wakil Perdana Menteri Tiongkok Serukan Sektor Keuangan Lebih Adil
    Tiongkok. Foto : AFP.



    Beijing: Sektor keuangan Tiongkok harus lebih berusaha untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi dan menangkis potensi risiko sambil menciptakan lapangan bermain yang setara bagi investor global.

    Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He menekankan bahwa sistem keuangan negara harus lebih proaktif dalam melayani ekonomi riil dan efektif. menyesuaikan kebijakan moneter, terutama untuk mendukung pembiayaan ekonomi swasta dan usaha kecil dan mikro.

     



    Liu, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok, menyoroti peran sistem keuangan dalam terus mendukung keterbukaan tingkat tinggi dan menciptakan lingkungan pasar yang adil.

    "Hak dan kepentingan yang sah dari lembaga-lembaga yang didanai asing di Tiongkok harus dilindungi," katanya dikutip dari China Daily News, Kamis, 21 Oktober 2021.

    Liu juga mengatakan bahwa sektor keuangan harus mendukung pembangunan hijau dan rendah karbon, memperkuat regulasi teknologi keuangan dan mencegah risiko.

    "Meskipun ada beberapa masalah di pasar real estat, risiko ini umumnya terkendali. Tren keseluruhan perkembangan pasar real estat yang sehat tidak akan berubah," katanya.

    Awal bulan ini, Gubernur Bank Sentral Tiongkok Yi Gang menjawab pertanyaan di Seminar Perbankan Internasional G30 pada 2021 tentang apakah risiko default pengembang real estat swasta terbesar di China Evergrande dapat mengakibatkan risiko sistemik. Yi mengatakan limpahan risiko Evergrande ke sektor keuangan terkendali.

    "Kami yakin bahwa kami dapat mencegah risiko menyebar dan menghindari risiko sistemik," kata Yi pada pertemuan itu, setelah mengatakan bahwa kewajiban Evergrande berjumlah sekitar USD300 miliar dan hanya sepertiga dari mereka adalah untuk sektor keuangan.

    Yi juga berjanji untuk menyelesaikan kasus terisolasi ini sesuai dengan hukum, memberikan prioritas lebih tinggi pada hak-hak pembeli rumah dan memperlakukan semua kreditur dan pihak terkait secara setara di bawah hukum.

    Wakil Gubernur Bank Sentral dan Kepala Administrasi Negara Valuta Asing, Pan Gongsheng, mengatakan bahwa pasar real estat Tiongkok dan pasar keuangan terkait menunjukkan beberapa fluktuasi, yang merupakan respons entitas pasar setelah kasus default perusahaan individu.

    Karena panduan ekspektasi regulator keuangan, peningkatan selera risiko lembaga keuangan dan pasar yang berlebihan secara bertahap telah berbalik, sementara perilaku pembiayaan dan harga di pasar keuangan secara bertahap kembali normal.

    "Sektor real estat Tiongkok juga bernasib lebih baik dari yang diharapkan," kata ahli strategi pasar global untuk Asia Pasifik di Invesco, David Chao.

    "Kemungkinan pemerintah akan mengatur perlambatan yang terkelola untuk sektor ini dan risiko penularan dapat dicegah," jelas dia.

    Chao mengatakan pihak berwenang kemungkinan akan menguraikan langkah-langkah dukungan moneter dan fiskal tambahan bulan depan untuk melawan permintaan yang lemah dan mencegah risiko sektor properti. Mungkin ada pemotongan rasio persyaratan cadangan dan peningkatan belanja infrastruktur pemerintah daerah selama kuartal berikutnya.

    "Ada kemungkinan kita akan melihat perubahan kebijakan kecil selama bulan depan karena pembuat kebijakan membersihkan lebih banyak ruang fiskal untuk rebound dalam belanja infrastruktur." jelas dia.

    Menurut Ketua Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok, Yi Huiman, metode berorientasi pasar akan diadopsi untuk mengurangi risiko gagal bayar obligasi, seperti penjualan aset, restrukturisasi utang dan pengenalan investasi strategis oleh penerbit obligasi dan pihak terkait.

    "Pasar obligasi pertukaran secara umum stabil saat ini, dan jumlah kasus gagal bayar tetap pada tingkat rendah hanya sekitar satu persen. Tapi kami masih menghadapi banyak risiko dan tantangan," kata Yi.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id