Bank Dunia: Ekonomi Kamboja akan Tumbuh 4% Tahun Ini

    Ade Hapsari Lestarini - 21 Juni 2021 08:07 WIB
    Bank Dunia: Ekonomi Kamboja akan Tumbuh 4% Tahun Ini
    Ilustrasi bendera Kamboja. Foto: AFP/Manan Vatsyayana.



    Phnom Penh: Laporan terbaru Bank Dunia memaparkan ekonomi Kamboja diproyeksikan tumbuh empat persen pada 2021 setelah mengalami kontraksi 3,1 persen pada 2020.

    Namun, pemulihan ini tetap tidak merata dan tidak stabil, sebagian karena penerapan kembali penguncian domestik untuk mengendalikan penyebaran covid-19. Sementara beberapa sektor telah melihat keuntungan ekonomi, yang lain terus tertahan oleh pandemi yang sedang berlangsung.

     



    "(Sektor) Pertanian relatif tangguh, karena permintaan yang kuat yang sebagian didorong oleh Perjanjian Perdagangan Bebas Kamboja-Tiongkok yang baru ditandatangani," kata laporan itu, dilansir dari Xinhua, Senin, 21 Juni 2021.

    Sektor manufaktur secara bertahap pulih dengan beradaptasi dengan perubahan kondisi eksternal. Serta bisnis grosir dan eceran juga mengalami pemulihan yang lambat, didukung oleh kebangkitan bertahap dalam kegiatan ekonomi domestik.

    Di sisi lain, bagian dari sektor jasa seperti akomodasi, restoran, dan transportasi terus terpukul keras oleh perlambatan pariwisata domestik dan internasional, kata laporan itu, menambahkan bahwa arus masuk investasi asing langsung tetap bertahan dan membantu menopang sektor eksternal.

    Laporan tersebut merekomendasikan agar Kamboja mengambil langkah segera untuk menopang kepercayaan pasar dengan segera mempercepat program vaksinasinya, sementara secara bersamaan terus mengambil langkah-langkah untuk menahan infeksi.

    Manajer negara Bank Dunia untuk Kamboja, Inguna Dobraja, mengatakan, seperti banyak negara di kawasan itu, Kamboja telah terpukul keras oleh guncangan permintaan global yang disebabkan oleh covid-19.

    "Tetapi kabar baiknya adalah Kamboja sekarang telah memvaksinasi lebih dari tiga juta orang, salah satu tingkat tertinggi di kawasan ini," katanya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id