Negara G20 Janji Pertahankan Stimulus Demi Pulihkan Ekonomi

    Antara - 27 Februari 2021 16:16 WIB
    Negara G20 Janji Pertahankan Stimulus Demi Pulihkan Ekonomi
    Ilustrasi bendera negara anggota G20 - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Para pimpinan G20 berjanji mempertahankan kebijakan ekspansif berupa pemberian stimulus dalam mempercepat pemulihan ekonomi negara anggota.

    “Kami sepakat bahwa penarikan dukungan fiskal dan moneter yang terlalu dini harus dihindari,” kata  Menteri Keuangan Italia Daniele Franco pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, Sabtu, 27 Februari 2021.






    Amerika Serikat (AS) menyiapkan USD1,9 triliun dalam stimulus fiskal dan Uni Eropa telah mengumpulkan lebih dari 3,0 triliun euro atau setara USD3,63 triliun untuk menjaga ekonominya.
    Namun terlepas dari jumlahnya yang besar, masalah peluncuran vaksin secara global dan munculnya varian baru virus korona membuat upaya pemulihan kembali menghadapi ketidakpastian.

    "G20 berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi internasional guna mengatasi tantangan global saat ini dengan mengadopsi pendekatan multilateral yang lebih kuat dan berfokus pada serangkaian prioritas inti," terangnya.

    Dalam pertemuan itu, G20 juga membahas cara membantu negara-negara termiskin di dunia, yang ekonominya dilanda krisis secara tidak proporsional. Mengenai hal tersebut, Dana Moneter Internasional (IMF) berkomitmen memberikan lebih banyak pinjaman dengan mengusulkan peningkatan dana cadangannya sebesar 500 miliar (dalam mata uang IMF).


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id