comscore

Konstruksi Rumah AS Jatuh 9,5% pada April

Arif Wicaksono - 19 Mei 2021 13:37 WIB
Konstruksi Rumah AS Jatuh 9,5% pada April
Amerika Serikat. Foto : AFP.
Washington: Konstruksi rumah di Amerika Serikat (AS) turun secara mengejutkan tajam 9,5 persen pada April. Ekonom menghubungkannya sebagian dengan pembangun yang menunda proyek karena lonjakan harga kayu dan kendala pasokan lainnya.

"Penurunan April meninggalkan konstruksi pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 1,57 juta unit," kata Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS), dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 19 Mei 2021.
Data itu turun dari tingkat 1,73 juta unit di Maret 2021, yang merupakan pertunjukan terbaik sejak tingkat 1,74 juta unit pada Juli 2006 atau saat booming perumahan yang memicu krisis ekonomi.

Permohonan izin bangunan, yang dianggap sebagai tanda aktivitas di masa depan, naik 0,3 persen pada April ke tingkat tahunan 1,76 juta unit. Hal ini menunjukkan bahwa penurunan konstruksi April akan bersifat sementara.

Ekonom mengaitkan penurunan April dengan laporan pembangun yang menunda proyek karena melonjaknya harga kayu dan rantai pasokan yang menyulitkan untuk mendapatkan produk seperti peralatan rumah tangga.

Menurut National Association of Home Builders, harga kayu saja telah mencapai USD35.872 ke harga rata-rata rumah satu keluarga. Penyebab dari kenaikan itu adalah pajak perbatasan yang diberlakukan oleh pemerintahan Trump dalam perselisihan perdagangan dengan Kanada. Ada juga penghentian sementara produksi ketika pandemi melanda setahun yang lalu.

Bahkan dengan harga yang lebih tinggi, para ekonom memperkirakan sektor perumahan akan terus menunjukkan kekuatan pada 2021.

"Permintaan yang kuat, kebutuhan akan inventaris dan optimisme pembangun rumah akan mendukung pembangunan perumahan selama sisa pada 2021, sementara rekor harga kayu tertinggi dan kemacetan rantai pasokan dapat bertindak sebagai hambatan," kata ekonom utama di Oxford Economics, Nancy Vanden Houten.

Dia memperkirakan pembangunan perumahan akan mencapai 1,6 juta unit tahun ini, naik dari 1,38 juta tahun lalu. Itu akan menjadi kenaikan tahunan terbaik sejak 2006.

Robert Dietz, Kepala ekonom untuk pembangunan perumahan mengatakan bahwa suku bunga rendah mendukung keterjangkauan perumahan. di pasar yang harga sebagian besar bahannya meningkat.

Kelemahan konstruksi di April mencerminkan penurunan 13,4 persen dalam konstruksi yang dimulai untuk rumah keluarga tunggal, yang turun ke tingkat tahunan sebesar 1,09 juta unit. Pembangunan apartemen dengan lima unit atau lebih naik empat persen menjadi 470 ribu unit.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id