comscore

Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Meleset dari Ekspektasi

Angga Bratadharma - 10 Januari 2022 07:15 WIB
Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Meleset dari Ekspektasi
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Washington: Data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) naik kurang dari yang diperkirakan pada Desember 2021. Kondisi itu terjadi di tengah kekurangan pekerja dan peningkatan pekerjaan dapat tetap moderat dalam waktu dekat karena infeksi covid-19 yang meningkat mengganggu kegiatan ekonomi.

"Nonfarm payrolls naik 199 ribu pekerjaan pada bulan lalu," kata Departemen Tenaga Kerja AS dalam laporan ketenagakerjaan, dilansir dari The Business Times, Senin, 10 Januari 2022.

 



Data di November direvisi naik untuk menunjukkan nonfarm payrolls naik 249 ribu pekerjaan, bukan 210 ribu yang dilaporkan sebelumnya. Tingkat pengangguran turun menjadi 3,9 persen dari 4,2 persen pada November, menggarisbawahi pengetatan kondisi pasar tenaga kerja.

Ekonom yang disurvei memperkirakan nonfarm payrolls naik 400 ribu dan tingkat pengangguran turun menjadi 4,1 persen. Perkiraan nonfarm payrolls berkisar dari serendah 150 ribu hingga setinggi 1,1 juta pekerjaan. Pemerintah merevisi data survei rumah tangga, yang memberikan tingkat pengangguran, selama lima tahun terakhir.

Namun, laporan ketenagakerjaan menggambarkan gambaran ekonomi yang ditutup pada 2021 dengan nada tinggi, bahkan jika gambaran kesehatan masyarakat tidak sebaik yang diharapkan para pejabat.

Kenaikan pekerjaan di bawah ekspektasi pada Desember kemungkinan mencerminkan kekurangan tenaga kerja serta anomali dengan apa yang disebut penyesuaian musiman, yang digunakan oleh pemerintah untuk menghapus fluktuasi musiman dari data. Pemerintah mengatakan bahwa ada 10,6 juta lowongan pekerjaan pada akhir November.

Sedangkan pukulan akibat munculnya varian Omicron ke nonfarm payrolls kemungkinan terasa pada Januari 2022. Amerika Serikat melaporkan hampir satu juta infeksi virus korona baru, penghitungan harian tertinggi dari negara mana pun di dunia.

Maskapai telah membatalkan ribuan penerbangan dan beberapa distrik sekolah telah menangguhkan pembelajaran tatap muka. Beberapa orang tua yang bekerja mungkin harus mengambil tugas pengasuhan anak, dengan kembali ke pembelajaran daring.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id