comscore

S&P Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Jadi 3,3%

Medcom - 30 Juni 2022 12:49 WIB
S&P Pangkas Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok Jadi 3,3%
Ilustrasi. Foto: AFP.
Jakarta: Lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) kembali memangkas prediksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Tiongkok menjadi 3,3 persen dari sebelumnya 4,2 persen pada Mei. Pemangkasan ini merupakan imbas kebijakan lockdown serta tingginya inflasi di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Melansir Channel News Asia, Kamis, 30 Juni 2022, S&P meramalkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok akan melambat pada paruh kedua tahun ini di tengah inflasi yang tinggi. "Optimisme awal 2022 telah membuat ekonomi global khawatir, sehingga melemah tajam," ungkap hasil analisis S&P.
Beberapa faktor seperti perang Rusia-Ukraina, harga komoditas yang lebih tinggi, kebijakan lockdown Tiongkok, serta kenaikan suku bunga turut berkontribusi pada penurunan ini.

Dalam laporannya, S&P juga meningkatkan perkiraan inflasi terhadap 15 pasar negara berkembang, menjadi 7,1 persen pada 2022 dan 4,1 persen pada 2023, dari 5,9 persen dan 3,5 persen pada Maret.
 
Baca juga: Pacu Pertumbuhan Ekonomi, Tiongkok Hindari Stimulus Berlebihan

Inflasi juga diperkirakan akan menembus sebagian besar target bank sentral paling tidak hingga 2024. Ini disebut tetap akan terjadi meski Tiongkok mempercepat pengetatan kebijakan moneter.

Sementara itu, Fitch mengatakan Republik Ceko, Hungaria dan Slovakia menjadi negara-negara Eropa Tengah dan Timur yang paling rentan untuk kehilangan pasokan gas Rusia.

"Penghentian total dan tiba-tiba pasokan gas ke Uni Eropa (UE) dari Rusia bukanlah atas dasar analisis Fitch. Namun, itu adalah risiko," ujar Fitch. (Valerie Augustine Budianto)

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id