Rencana Besar Arab Saudi di Sektor Pariwisata

    Atikah Ishmah Winahyu - 23 Juli 2021 11:53 WIB
    Rencana Besar Arab Saudi di Sektor Pariwisata
    Ilustrasi bendera Arab Saudi. Foto: AFP/Fayez Nureldine.



    Riyadh: Saat jemaah Muslim menyelesaikan ziarah haji kedua, yang jumlahnya turun akibat pembatasan virus korona, Arab Saudi terus maju dengan rencana untuk memulai kembali sektor pariwisata sekuler yang baru lahir. Langkah ini sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mendiversifikasi ekonominya dari bahan bakar fosil.

    Wisata religi secara tradisional menjadi salah satu dari sedikit cara pengunjung dapat memasuki Arab Saudi yang merupakan rumah bagi Mekah dan Madinah, dua kota paling suci bagi umat Islam. Perwalian itu membuat Arab Saudi menjadi tujuan bagi orang luar seperti haji dan umrah yang menampung 9,5 juta peziarah pada 2019.

     



    Namun Riyadh memiliki rencana untuk memanfaatkan pasar wisata di luar peziarah religius. Ini sebagai bagian dari cetak biru Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) untuk mengembangkan ekonomi di luar pendapatan minyak. Pada September 2019, Riyadh memperkenalkan e-visa turis yang ditujukan untuk menarik pengunjung non-Muslim. Tetapi baru saja diluncurkan, pandemi covid-19 menghentikan industri pariwisata global tahun lalu.

    Pembatasan pandemi juga memukul industri pariwisata religi yang mapan di Saudi. Hanya 60 ribu warga dan penduduk Saudi yang divaksinasi yang diizinkan naik haji tahun ini. Pada 2020 jumlah jemaah dibatasi menjadi 1.000. Kerajaan membuka kembali perbatasannya ke sejumlah negara untuk pariwisata pada 30 Mei, tetapi kemudian memberlakukan penutupan baru dengan pecahnya varian delta covid-19.

    "Jelas, ini merupakan tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bisnis di sekitar ziarah dihentikan bersama dengan sektor petualangan dan pariwisata budaya yang lebih baru," kata seorang konsultan pariwisata yang berbasis di Jeddah, Chris Rosenkrans, dilansir dari Mediaindonesia.com, Jumat, 23 Juli 2021.
     

    Halaman Selanjutnya
      Maskapai dan bandara Bagi…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id