Singapore Airlines Group Angkut Penumpang Tertinggi Sejak Pembatasan Covid-19

    Arif Wicaksono - 12 Januari 2021 11:42 WIB
    Singapore Airlines Group Angkut Penumpang Tertinggi Sejak Pembatasan Covid-19
    Singapura. Foto ; AFP.
    Singapura: Singapore Airlines (SIA) Group mengatakan permintaan penerbangan terus meningkat secara bertahap sejak bulan lalu. Maskapai ini membawa jumlah penumpang tertinggi sejak pembatasan covid-19.

    "Gerbong penumpang secara keseluruhan, diukur dalam pendapatan penumpang-kilometer, dengan 97,1 persen lebih rendah tahun-ke-tahun pada Desember," kata SIA Group, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 12 Januari 2021.

    Maskapai tersebut mengangkut sekitar 85.200 penumpang pada Desember, jumlah tertinggi sejak pembatasan perjalanan diberlakukan pada Maret untuk membatasi penyebaran wabah covid-19.

    Industri penerbangan termasuk yang paling terpukul oleh pandemi covid-19, dengan maskapai penerbangan terpaksa menghentikan pesawat dan memberhentikan sejumlah staf. Pada titik terendah tahun lalu, SIA Group hanya mengangkut 9.600 penumpang di Mei. Sebelum covid-19, SIA Group telah mencatat sekitar 3,54 juta penumpang pada Desember 2019.

    "Permintaan perjalanan udara terus meningkat secara bertahap, meskipun jumlah penumpang tetap sangat dibatasi oleh kontrol perbatasan dan pembatasan perjalanan yang masih berlaku di sebagian besar negara," kata SIA.

    Dibandingkan dengan Desember 2019, kapasitas penumpang grup tersebut bulan lalu turun 81,3 persen tahun-ke-tahun. Namun, dibandingkan dengan November, maskapai penumpang Grup naik sekitar 46 persen lebih banyak dari kapasitas.

    "Ini sejalan dengan pembukaan kembali progresif Singapura," kata SIA.

    Grup tersebut melaporkan faktor beban penumpang 13,7 persen pada Desember 2020, turun 73,9 poin persentase dari tahun sebelumnya.

    Berdasarkan maskapai penerbangan, jumlah penumpang SIA turun 96,5 persen selama setahun. Sementara SilkAir dan Scoot masing-masing turun 98,2 persen dan 98,8 persen selama setahun.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id