Airbus Masih Merugi di 2020, Anjlok Sampai USD1,36 Miliar

    Ade Hapsari Lestarini - 19 Februari 2021 13:58 WIB
    Airbus Masih Merugi di 2020, Anjlok Sampai USD1,36 Miliar
    Foto: Grafis Medcom.id



    Paris: Pembuat pesawat Eropa Airbus melaporkan kerugian bersih USD1,13 miliar euro (USD1,36 miliar) untuk 2020. Kerugian ini karena pasar yang dirugikan akibat krisis virus korona.

    Dalam laporan keuangan setahun penuh, perusahaan mengatakan pendapatan konsolidasi pada 2020 turun menjadi 49,9 miliar euro dari 70,5 miliar euro pada 2019.

     



    "Ini didorong oleh pasar yang sulit, sehingga berdampak pada bisnis pesawat komersial dengan pengiriman 34 persen lebih sedikit dari tahun ke tahun," demikian dilansir dari Xinhua, Jumat, 19 Februari 2021.

    Airbus mengirimkan 566 pesawat komersial dan Airbus Helicopters mengirimkan 300 unit pada 2020. Jumlah ini turun masing-masing dari 863 dan 332 pada tahun sebelumnya.

    Laporan tahunan itu menyebutkan pendapatan di Airbus Defense and Space turun sekitar empat persen. Hal ini terutama mencerminkan volume yang lebih rendah serta dampak covid-19 bagi bisnis Airbus, terutama di Space Systems.

    Perusahaan juga melaporkan bahwa pesanan pesawat komersialnya mencapai 268 dengan backlog pesanan sebanyak 7.184 pesawat komersial hingga akhir tahun lalu.

    Pada konferensi pers yang mempresentasikan hasil setahun penuh, Chief Executive Officer (CEO) Guillaume Faury mengatakan Airbus telah mengirimkan 99 pesawat komersial kepada pelanggan di Tiongkok, mewakili 17,5 persen dari pengiriman globalnya.

    "Kami memiliki kemitraan yang sangat kuat dengan Tiongkok, dan kami ingin terus berbicara dengan pelanggan dan mitra kami, kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah tentang bagaimana membuat kemitraan menjadi lebih sukses," kata Faury.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id