Erdogan Usir 10 Dubes Negara Barat, Mata Uang Turki Terjun Bebas

    Antara - 25 Oktober 2021 08:49 WIB
    Erdogan Usir 10 Dubes Negara Barat, Mata Uang Turki Terjun Bebas
    Ilustrasi mata uang lira Turki - - Foto: dok AFP



    Istanbul: Mata uang Turki, lira anjlok 1,6 persen ke rekor terendah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) setelah Presiden Turki Tayyip Erdogan mengusir duta besar negara Paman Sam dan sembilan negara barat lainnya.

    Lira mencapai titik terendah sepanjang masa di 9,75 pada Minggu, 24 Oktober 2021 dari penutupan perdagangan sebelumnya di 9,5950. Mata uang tersebut tercatat turun hampir 24 persen sepanjang tahun ini.

    “Saya khawatir, untuk pasar keuangan Turki pada Senin. Lira pasti akan berada di bawah tekanan jual yang ekstrem,” kata pengamat pasar negara berkembang Tim Ash di BlueBay dikutip dari Antara, Senin, 25 Oktober 2021.

    Sebelumnya lira telah mencapai rekor terendah setelah bank sentral Turki (CBRT) memangkas kebijakan suku bunganya sebesar 200 basis poin. Langkah tersebut dinilai semborono meskipun inflasi meningkat.

    “Dan kita semua tahu bahwa (Gubernur Bank Sentral Sahap) Kavcioglu tidak memiliki mandat untuk menaikkan suku bunga, jadi satu-satunya pertahanan adalah membelanjakan cadangan devisa yang tidak dimiliki CBRT," ungkap dia.

    Adapun Erdogan memerintahkan Kementerian Luar Negerinya untuk mengusir sejumlah duta besar negara barat karena menuntut pembebasan pengusaha dan dermawan Osman Kavala, yang telah ditahan di penjara selama empat tahun tanpa dinyatakan bersalah.

    Namun, belum ada tanda-tanda bahwa kementerian luar negeri telah melaksanakan instruksi presiden tersebut. Lawan politik Erdogan mengatakan instruksi tersebut merupakan cara Erdogan mengalihkan perhatian dari kesulitan ekonomi Turki. Sementara para diplomat berharap pengusiran itu mungkin dapat dihindari.(Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id