Sah! Bitcoin Jadi Alat Pembayaran Resmi di El Salvador

    Ade Hapsari Lestarini - 10 Juni 2021 16:23 WIB
    Sah! Bitcoin Jadi Alat Pembayaran Resmi di El Salvador
    Mata uang digital bitcoin. Foto: AFP/Karen Bleier.



    San Salvador: El Salvador telah menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mengklasifikasikan bitcoin sebagai mata uang legal.

    Melansir BBC, Kamis, 10 Juni 2021, Kongres menyetujui proposal Presiden El Salvador Nayib Bukele untuk merangkul cryptocurrency. Adapun dalam Kongres itu, 62 dari 84 suara menyetujuinya pada Selasa malam waktu setempat.

     



    Presiden mengatakan pemerintah telah membuat sejarah. Langkah itu akan memudahkan warga Salvador yang tinggal di luar negeri untuk mengirim uang ke rumah.

    Bitcoin akan menjadi alat pembayaran yang sah, bersama dolar AS, dalam 90 hari ke depan. Undang-undang baru berarti setiap bisnis harus menerima bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk barang atau jasa, kecuali jika tidak dapat menyediakan teknologi yang diperlukan untuk melakukan transaksi.

    "Ini akan membawa inklusi keuangan, investasi, pariwisata, inovasi dan pembangunan ekonomi untuk negara kita," kata Presiden Bukele dalam tweet-nya, sesaat sebelum pemungutan suara.

    Dia sebelumnya mengatakan langkah itu akan membuka layanan keuangan bagi 70 persen warga Salvador yang tidak memiliki rekening bank.

    Kondisi ekonomi El Salvador

    Ekonomi El Salvador sangat bergantung pada pengiriman uang (remitansi), atau uang yang dikirim pulang dari luar negeri. Remitansi ini menghasilkan sekitar 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu.

    Lebih dari dua juta orang Salvador tinggal di luar negeri, tetapi mereka terus menjaga hubungan dekat dengan tempat kelahiran mereka. Mereka mengirim kembali lebih dari USD4 miliar setiap tahun.

    Di Twitter, beberapa pengamat keuangan dan hukum menggambarkan perubahan hukum sebagai pencapaian luar biasa dan pengubah permainan. Sementara yang lain menyuarakan kekhawatiran tentang volatilitas cryptocurrency.

    Para ahli telah memperingatkan itu juga dapat memperumit masalah dengan Dana Moneter Internasional (IMF), karena El Salvador sedang mencari program lebih dari USD1 miliar.

    Sebagian besar bank sentral dunia sedang mencari kemungkinan untuk menciptakan mata uang digital mereka sendiri. Pada April, Bank Sentral Inggris (Bank of England/BoE) mengumumkan sedang mencari cara untuk menciptakan uang digital yang akan ada di samping uang tunai dan deposito bank.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id