Pasar Keuangan Tiongkok Mulai Stabil

    Ade Hapsari Lestarini - 23 Maret 2020 09:16 WIB
    Pasar Keuangan Tiongkok Mulai Stabil
    Ilustrasi. Foto: AFP.
    Beijing: Pengawas Sekuritas Tiongkok mengatakan pasar keuangan Negara itu secara umum tetap stabil dibandingkan dengan pasar luar negeri, di saat virus korona baru atau covid-19 terus menyebar.

    Melansir Xinhua, Senin, 23 Maret 2020, pasar A-share telah menunjukkan ketahanan yang kuat dan kemampuan anti-risiko. Sementara penurunan di pasar A-share Tiongkok relatif ringan.
    Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi Regulasi Sekuritas Tiongkok (CSRC) Li Chao saat konferensi pers, Minggu, 22 Maret 2020.

    Dia menghubungkan kondisi ini dengan langkah-langkah yang diambil oleh Tiongkok selama beberapa tahun terakhir untuk memajukan reformasi struktural sisi penawaran di pasar keuangan.

    Li mengatakan untuk mengurangi risiko di pasar domestik, CSRC telah mengambil serangkaian langkah-langkah termasuk menurunkan tingkat leverage, mengurangi janji saham perusahaan-perusahaan terdaftar dan mengendalikan kenaikannya.

    Sementara itu, Li mencatat komisi telah mengoptimalkan regulasi perdagangan dan memberikan mekanisme pasar, yang memastikan pasar keuangan berfungsi dengan lancar.

    Dia mengungkapkan dalam dua bulan pertama 2020, sekitar 1,3 triliun yuan (sekitar USD182,96 miliar) telah berkembang di pasar saham dan obligasi di bursa saham.

    Li mengatakan dampak eksternal pada pasar keuangan akan berumur pendek dan tidak akan mengubah tren perkembangan pasar keuangan Tiongkok, mengutip fakta bahwa 98 persen perusahaan yang terdaftar di pasar saham telah kembali bekerja.

    Kemudian nilai pasar saham berada pada level yang rendah secara historis. Namun tingkat dan likuiditas pasar cukup banyak.

    Pada hari perdagangan sebelumnya, indeks saham utama Tiongkok ditutup lebih tinggi, dengan indeks Shanghai Composite naik 1,61 persen dan Indeks Komponen Shenzhen naik 1,3 persen.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id